KPU Kota Tangerang Akan Gelar Pemungutan Suara Susulan untuk 1.130 Pemilih Besok

Proses Pemungutan suara pemilu 2024 di Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Sebanyak 1.130 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayah Kota Tangerang, akan melakukan proses pemungutan suara susulan atau PSS yang digelar pada Sabtu, 17 Februari 2024.

Sidang Sengketa Pileg 2024, Hakim MK Tegur KPU Gegara Ajukan Renvoi Tak Tertib

Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah mengatakan, pelaksanaan PSS tersebut akan digelar pada empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Berdasarkam data yang diterima VIVA, 4 TPS yang menggelar PSS Pemilu 2024, yakni TPS 01, TPS 02, TPS 05, dan TPS 06.

Edy Rahmayadi Blak-blakan Tak Akan Duet Bareng Ijeck Lagi: Terlalu Tinggi, Kurang Pas

"Berdasarkan keputusan yang telah dibuat, KPU Kota Tangerang akan melaksanakan pemungutan suara susulan tersebut pada Sabtu, 17 Februari 2024," katanya, Jumat, 16 Februari 2024.

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana
KPU Ungkap Telah Pecat 13 Orang PPD Papua Tengah, Ini Alasannya


Empat TPS itu terpaksa melakukan pemungutan suara susulan setelah, terdampak banjir yang merendam wilayah setempat pada saat pelaksanaan Pemilu 2024, 14 Februari 2024 lalu.

"Dari kejadian banjir pada hari pemungutan suara, yakni 14 Februari, ada 34 TPS di beberapa wilayah di Kota Tangerang yang kebanjiran. Namun, di antara itu bisa melaksanakan pemungutan suara. Tapi, terdapat 4 TPS yang tidak bisa karena air cukup tinggi, makanya akan menggelar pemungutan suara besok," ujarnya.

Keputusan KPU Kota Tangerang tersebut mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023. Dia melanjutkan KPU Kota Tangerang menjelaskan terdapat 1.130 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan mengikuti pemungutan suara ulang. 

"Keputusan penundaan pemungutan suara tersebut telah kami koordinasikan bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah tersebut dengan mempertimbangkan beberapa rekomendasi yang sesuai dengan regulasi yang ada," uja Qori.

Pihaknya juga telah memastikan keamanan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) setelah mengevakuasi logistik tersebut ke lokasi yang tidak terdampak genangan banjir.

"Kami menyelenggarakan pemungutan suara susulan tersebut pada hari libur kerja, semoga masyarakat di beberapa TPS tersebut dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini secara maksimal," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya