Prabowo Dampingi Jokowi Resmikan RS TNI Terbesar RI, Fasilitas 1.000 Bed dan 11 Ruang Operasi

Prabowo Dampingi Jokowi Resmikan RS TNI Terbesar RI
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman beserta 25 RS TNI bertempat di RSPPN, Bintaro, Jakarta pada Senin, 19 Februari 2024.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Dalam laporannya, Prabowo menyebut, pembangunan RSPPN Panglima Besar Soedirman terdiri dari 28 lantai dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang membuatnya menjadi RS TNI terbesar di Indonesia saat ini.

Prabowo Dampingi Jokowi Resmikan RS TNI Terbesar RI

Photo :
  • Istimewa
Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

"RSPPN memiliki fasilitas sebagai berikut: ruang inap 1.000 tempat tidur; ruang operasi 11; ruang intensive care/ICU/ICCU/NICU/PICU 90 tempat tidur; dan IGD 55 tempat tidur. Sehingga, (RSPPN) akan menjadi RS terbesar TNI," kata Prabowo.

Sementara itu, 25 RS TNI lainnya yang diresmikan pada kesempatan yang sama tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia. 

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Puluhan RS itu terdiri dari 11 RS TNI AD; 3 RS TNI AL; dan 6 RS TNI AU; yang lokasinya berada di sekitar pangkalan TNI dan pemukiman masyarakat.

Harapannya, keberadaan rumah sakit-rumah sakit itu akan bermanfaat bagi para prajurit TNI, keluarga TNI, serta masyarakat.

Prabowo Dampingi Jokowi Resmikan RS TNI Terbesar RI

Photo :
  • Istimewa

"Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah membangun RSPPN beserta 25 RS TNI lainnya dengan total 26 RS baru, di mana 5 RS lainnya telah terlebih dahulu diresmikan pada tahun 2023," kata Prabowo.

"Selanjutnya, 21 RS lainnya yang akan diresmikan pada hari ini sebagai berikut: 11 RS TNI AD bertempat di Pangkalpinang, Padang, Aceh, Atambua, Bima, Gorontalo, Mamuju, Tanjung Selor, Samarinda, Manokwari dan Sorong. Sebanyak 3 RS TNI AL di Pontianak, Padang, dan Sorong. Serta 6 RS TNI AU di Solo, Malang, Madiun, Subang, Bandung dan Pekanbaru," sambung dia. .

Sementara itu, Jokowi dalam sambutannya mengapresiasi pembangunan puluhan rumah sakit yang diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan. Pasalnya, keberadaan rumah sakit-rumah sakit tersebut akan bermanfaat bagi negara dan masyarakat.

"Peristiwa pandemi Covid-19 telah mengajarkan kepada kita betapa pentingnya fasilitas kesehatan yg lengkap; rumah sakit dengan kesiapan SDM; dan fasilitas yang memadai untuk mengatasi kondisi-kondisi kedaruratan kesehatan seperti yang telah kita alami. Untuk itu, saya apresiasi pembangunan RSPPN dan 25 RS yang diiniasi oleh Kemhan," ungkapnya.

Jokowi pun mengapresiasi beragam fasilitas yang tersedia di RSPPN Panglima Besar Soedirman yang disebutnya sebagai fasilitas super modern.

"Tadi, saya lihat di beberapa ruang dan peralatan yang ada betul-betul peralatan yang sangat, super modern. MRI misalnya tadi, saya melihat, MRI itu adalah spek tertinggi, tesla 3 yang bisa melihat dari segala sudut yang kita inginkan. CT scan yang juga bisa melihat dari semua sudut yang kita inginkan. Ruang operasi juga modular yang terintegrasi dan sangat canggih," pungkas dia. 

Peresmian rumah sakit hari ini juga dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia; Ketua Komisi 1 DPR RI Meutya Hafid; Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo; Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto; KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak; KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali; KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo; serta Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya