Pandawara Datangi Pantai Labuhan Haji yang Dipenuhi Sampah Sebagai Destinasi Ke-5

Pandawara Datangi Pantai Labuhan Haji yang Dipenuhi Sampah Sebagai Destinasi Ke-
Sumber :
  • Instagram @pandawaragroup

Nusa Tenggara Barat –  Di Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), grup Pandawara melakukan aksi bersih pantai. Bersih-bersih pantai tersebut dibantu oleh berbagai kelompok masyarakat, termasuk Pemerintah Kabupaten Lombok Timur pada Minggu 18 Februari 2024.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Pantai Labuhan Haji adalah salah satu pantai yang paling banyak tercemar oleh sampah. grup Pandawara telah mengunjungi lima pantai dalam tiga tahun terakhir, dan mereka akan terus melakukannya di tempat lain di Indonesia. Dan pantai kelima yang dikunjungi Pandawara adalah Pantai Labuhan Haji.

Pandawara Datangi Pantai Labuhan Haji yang Dipenuhi Sampah Sebagai Destinasi Ke-

Photo :
  • Instagram @pandawaragroup
Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Ribuan orang dari berbagai komunitas datang ke pantai untuk membantu membersihkan pantai ini. Mereka tampaknya sangat terlibat dalam agenda bersih pantai ini.

Salah seorang anggota kelompok Pandawara, Gilang, di Lombok Timur, menyatakan, "Untuk kegiatan hari ini sangat luar biasa dan kita patut apresiasi untuk seluruh volunteer yang hadir untuk Porkofimda, Polri juga TNI. Kita sangat terkejut dengan antusiasme masyarakat, luar biasa semangat mereka."

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Selain itu, dia meluruskan pernyataan yang beredar bahwa pantai Labuhan Haji adalah yang terkotor nomor 5 di Indonesia. Itu adalah urutan pantai yang telah dikunjungi.

Dia menjelaskan, "Kami telah menjelaskan di acara sebelumnya bahwa pantai terkotor kelima adalah urutan kunjungan Pandawara, karena kami akan berkeliling Indonesia selama tiga tahun."

Mereka juga mengunggah foto bersama dengan latar belakang Pantai Labuhan Haji yang kotor. Berbagai jenis sampah plastik, termasuk botol, sachet, dan kresek, adalah jenis sampah yang paling banyak dilihat dari jarak jauh.

Selain masalah sampah, Pantai Labuhan Haji juga menghadapi masalah erosi dan abrasi akibat pemanasan global, menurut studi Kajian Gelombang Rencana pada Pantai Labuhan Haji, Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur, yang ditulis oleh M. Arlian Deni Hidayat.

Studi tersebut menyatakan bahwa bangunan pantai di Pantai Labuhan Haji mulai hancur sebagai akibat dari fenomena ini. Pada tahun 2016, bangunan pantai seperti Seawall (dinding pantai) hanya menyisakan bagian struktur yang hancur, dan sedimen dibawa oleh gelombang laut. 

Pandawara Datangi Pantai Labuhan Haji yang Dipenuhi Sampah Sebagai Destinasi Ke-

Photo :
  • Tangkapan Layar Tiktok @pandawaragroup

Sebelum ini, grup Pandawara telah melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Cibutun Loji di Sukabumi, yang dianggap sebagai pantai terkotor nomor empat. Aksi ini dimulai pada tanggal 6 hingga 7 Oktober 2023, dan berlanjut hingga beberapa hari kemudian hingga sampah yang menumpuk di tepi pantai telah diangkut sepenuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya