8 Nama Calon Kapolri Diumumkan September

Kapolri Bambang Hendarso
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menjaring delapan nama yang akan diusulkan sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri. Namun, nama-nama itu belum bisa diumumkan ke publik.

"Mungkin September (diumumkan)," kata Wakil Ketua Komisi Kepolisian Nasional Adnan Pandu Praja di Jakarta, Rabu 4 Agustus 2010.

Sekarang, kata dia, Komisi Kepolisian sedang meneliti rekam jejak delapan nama yang sudah masuk sebelum diumumkan ke publik. "Setelah nanti nama-nama dibuka, apa sih kira-kira harapan publik mengenai kriteria Polri yang ideal. Kita cari masukan itu," kata dia.

Untuk mengetahui rekam jejak calon Kapolri, Komisi Kepolisian bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain.

Lembaga yang digandeng Komisi Kepolisian di antaranya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Direktorat Jenderal Pajak, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Cukup (instansi-instansi) itu karena mereka punya kompetensi di bidang itu, mereka sudah punya catatan-catatan," kata Adnan.

Menurut dia, lembaga-lembaga yang diajak kerja sama untuk mengetahui rekam jejak calon Kapolri itu menyambut baik langkah Komisi Kepolisian itu. "Tentu saja karena mereka adalah lembaga yang punya kompetensi, pasti sangat posiitf," kata dia.

Rencananya, Jenderal Bambang Hendarso Danuri akan memasuki masa pensiun pada Oktober mendatang. Sejumlah nama disebut-sebut sebagai calon kuat Kapolri.

Mereka antara lain Inspektur Pengawasan Umum Komisaris Jenderal Polisi Nanan Soekarna, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Timur Pradopo, Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi Oegro Seno, Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Pratiknyo, Inspektur Jenderal Imam Sudjarwo, dan Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Ito Sumardi. (umi)

Cerita Edy Rahmayadi Dicoret PDIP pada Pilgub Sumut 2018, Kini Balik Daftar Lagi
Viral, Detik-detik Imam Masjid Agung Takalar Meninggal Dunia saat Salat Subuh

Viral, Detik-detik Imam Masjid Agung Takalar Meninggal Dunia saat Salat Subuh

Dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Bone, Mujahid meninggal dunia saat menjadi imam salat subuh berjamaah di Masjid Agung Takalar Sulawesi Selatan Minggu, 5 Mei 24

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024