Detik-detik Mencekam Angin Puting Beliung Porak-porandakan Pemukiman di Sumedang

Bangunan ambruk tersapu badai tornado di Sumedang, Jawa Barat
Sumber :
  • tvOne

Sumedang - Angin puting beliung yang belakangan disebut tornado memporak porandakan pabrik dan permukiman di dua Kecamatan di Sumedang Jawa Barat, pada Rabu, 21 Februari 2024 petang, membuat warga panik. 

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Warga terdampak pun menceritakan detik-detik mencekam saat diterjang angin puting beliung tersebut.

Dalam video amatir detik-detik dahsyatnya terjangan angin puting beliung yang menerjang kawasan industri dan permukiman warga di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung.

Viral Penampakan Minimarket Warung Madura: Tutup Kalau Sudah Kiamat

Dalam beberapa video amatir warga, tampak kepanikan dari sejumlah pegawai pabrik dan warga di permukiman. Beberapa saat setelah terjangan angin puting beliung, sejumlah atap pabrik dan bangunan yang berada di jalur pusaran angin porak poranda.

Minimarket ambruk tersapu badai tornado di Sumedang, Jawa Barat

Photo :
  • tvOne
Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Salah satunya adalah Minimarket yang berada di sisi Jalan Raya Bandung-Garut. Minimarket roboh pada bagian atap, hingga menutup hampir seluruh produk minimarket.

"Awalnya mati lampu lalu dari sana (barat) ada angin masih kecil, tiba-tiba pohon yang ada di dekat lahan parkir minimarket langsung tumbang langsung saya lari ke dalam," kata Saksi atau Pegawai Minimarket, Siva Nurazijah.

Siva menuturkan, sebelum atap roboh sempat ada pohon tumbang di lahan parkir akibat dahsyatnya terjangan angin. Beruntung tidak ada korban, lantaran kondisi minimarket dalam kondisi tidak ada pembeli karena sedang padam listrik.

"Atap dalam roboh bukan ketimpa pohon tapi karena angin kencang. Saya tadi ada di tempat kasir, beruntung saat kejadian kondisi minimarket dalam keadaan tidak ada pengunjung jadi Alhamdulillah tidak ada korban, namun barang-barang sebagian ada yang hancur," ucapnya.

Sementara hal senada dikatakan warga lainnya, Tatang salah seorang penjual warung klontong yang berada di pinggiran Jalan Raya. Tatang menyaksikan saat detik-detik angin puting beliung melintas hingga menghancurkan warungnya.

Bangunan ambruk tersapu badai tornado di Sumedang, Jawa Barat

Photo :
  • tvOne

"Saya lagi di warung, pas ada angin tadi tuh saya teriak lari-lari ngasih tau yang lain langsung masuk ke masjid karena panik," kata Tatang.

Selain merusak warung miliknya, angin puting beliung juga membuat pohon tumbang dan menimpa mobil saudara saya yang tengah terparkir di depan warung.

"Yang tertimpa pohon mobil kakak saya, Alhamdulillah tidak apa-apa cuma kena wajah dibagian atas mata. Dan adik saya kena kakinya bengkak langsung dibawa ke rumah sakit Cikopo," ujarnya.

Sementara itu, pihak BPBD Sumedang masih melakukan pendataan jumlah warga terdampak angin puting beliung. Data sementara, sebanyak 264 rumah di Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor rusak-rusak, dan 10 rumah rusak di Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung, lokasi yang berdekatan dengan kawasan industri terdampak. 

Laporan: Lutfi Setia Rafsanjani/tvOne Sumedang
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya