Dukungan Ahmad Sahroni Terhadap AHY yang Gebuk Mafia Tanah: Keren Bro Menteri

Ahmad Sahroni Wakil Ketua Komisi III DPR RI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, mendukung langkah Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN), Agus Harimurti Yudhoyono yang ingin lebih galak lagi menggebuk mafia tanah di Indonesia.

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

Menurut Sahroni, cara menteri yang akrab disapa AHY itu dalam upaya pemberantasan mafia tanah ini patut didukung oleh semua pihak.

“Keren bro Menteri, baru menjabat langsung gaspol. Ini baru spirit anak muda,” kata Sahroni melalui keterangannya pada Kamis, 22 Februari 2024.

Isu Demokrat Bakal Dapat Jatah 4 Menteri, Demokrat: Itu Rahasia Mas AHY dan Pak Prabowo

Sebagai Wakil Ketua Komisi III, Sahroni menegaskan akan mendukung upaya AHY itu dengan mitra kerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Kejaksaan Agung (Kejagung). Karena, kata politisi Partai Nasdem itu, melakukan pemberantasan terhadap mafia tanah harus berkolaborasi dengan stakeholder lainnya.

“Untuk memberantas mafia tanah ini kan harus kolaboratif, tidak mungkin diselesaikan sendiri. Nantinya, Komisi III akan full support dengan mendorong para mitra, dalam hal ini Polri dan Kejagung untuk terus bantu Kementerian ATR/BPN memberantas mafia tanah,” jelas dia.

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Oleh karena itu, Sahroni yang merupakan Bendahara Umum Partai Nasdem ini meminta AHY harus tetap berani untuk mengusut para oknum yang telibat mafia tanah. Karena, kata dia, pengalaman yang sebelumnya itu sangat sulit untuk menyentuh para oknum yang diduga melindungi dan terlibat mafia tanah.

“Bro Menteri juga harus galak sikat semua oknum yang menjadi backing atau terlibat dengan mafia tanah. Pak Hadi (Hadi Tjahjanto) kemarin sudah bagus, pakai sistem ‘gebuk’. Nah, bro menteri nanti juga harus teruskan spirit ini, bahkan bisa lebih galak lagi. Sebab, mafia tanah ini sulit disentuh karena diduga selalu dilindungi oknum. Tapi saya yakin, bro Menteri AHY pasti bisa tegas,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki strategi untuk menggebok mafia tanah yang masih berkeliaran di Indonesia. Tentu, AHY ingin menghadirkan kepastian hukum untuk masyarakat.

“Saya tidak ingin bahas secara teknis hari ini semuanya, baru dilantik dan tunggu untuk serah terima jabatan. Yang jelas, kita ingin untuk hadirkan kepastian hukum,” kata AHY di Kompleks Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 21 Februari 2024.

Menurut dia, pemerintah harus meyakinkan masyarakat agar semua taat hukum. Sehingga, kata dia, tidak boleh ada siapa pun di negeri ini secara terbuka dan tertutup melakukan perbuatan melawan hukum. Selain itu, AHY akan meneruskan apa yang telah dilakukan Hadi Tjahjanto selaku Menteri ATR/BPN sebelumnya.

“Kita harus berpihak ke rakyat kecil, berpihak ke mereka yang ingin membangun di Indonesia, di tanah sendiri. Jangan sampai karena perilaku praktik melawan hukum yang dilakukan oknum mafia tanah tadi menghambat semuanya. Saya pastikan itu akan dilakukan meneruskan apa yang dilakukan menteri yang sebelumnya,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya