Bukan Hanya Papua, Ternyata Ini Daerah di Indonesia yang Dipercaya Menyimpan Emas

Ilustrasi investasi tabungan emas
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/aa

VIVA Nasional – Indonesia rasanya pantas mendapat julukan kepingan surga tersembunyi yang memiliki kekayaan tiada tara. Begitulah Indonesia, negara kita ini begitu indah luar biasa.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Belum lagi jika melihat banyaknya kekayaan yang melimpah. Berbicara mengenai kekayaan mineral, apa sih yang tidak dimiliki Indonesia? Semuanya terhampar di bumi pertiwi ini. Bahkan jika kamu mencari uranium sekalipun, Indonesia ternyata juga menyimpannya. Apalagi emas-emas yang begitu melimpah di Tanah Air.

Berbicara soal si logam mulia berwarna kuning itu, memang benar jika Indonesia adalah negara pemilik kandungan emas terbesar di dunia.  Bukti kongkritnya adalah Papua alias Freeport yang jumlah emasnya jutaan ton, walaupun yang nyampe ke kita hanya segelintir saja.

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Masih soal emas, ternyata tidak hanya Papua saja lho yang memiliki kandungan emas melimpah.  Diketahui beberapa daerah lain di Indonesia juga memiliki keunggulan serupa. Setidaknya ada lima tempat yang ketahuan memiliki potensi kandungan emas dalam jumlah yang begitu besar. Lalu, kira-kira daerah mana saja sih yang dimaksud? Simak ulasan lengkapnya berikut melansir dari berbagai sumber;

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Bengkulu 

Bengkulu belakangan mendapatkan banyak perhatian dari beberapa perusahaan eksplorasi raksasa. Alasannya tak lain karena diduga di provinsi ini banyak tersimpan emas. Hal tersebut didasari dari penelitian seorang ahli dari Inggris yang mengatakan jika Bengkulu kemungkinan menyimpan satu juta ons emas.

Tapi, perhitungan di atas masih kasar dan sampel areanya terbatas. Dipercaya, kandungan emas di Bengkulu ini meluas sampai berhektar-hektar. Perkiraannya sih isinya bakal lebih banyak daripada Freeport. Wih, kalau benar nih, orang-orang Bengkulu bisa kaya raya. Tapi, di mana-mana, pengelolaan emas selalu nggak pernah menyenangkan orang-orang sekitar.

Ilustrasi tabungan emas

Photo :
  • Istimewa

Sumbawa

Daerah kedua sebagai penghasil emas di Indonesia adalah Pulau Sumbawa. Sumbawa memiliki Tambang Batu Hijau yang dikelola oleh PT. Amman Mineral Nusa Tenggara. Di lokasi ini, telah ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Keberadaan emas di daerah tersebut banyak dilirik negara tetangga. 

Pujon

Desa Pujon, Kalimantan Tengah, menjadi salah satu lokasi penghasil emas terbesar di Indonesia. Desa yang dijuluki sebagai Desa Emas ini memiliki cadangan emas yang luar biasa. 

Diketahui, cadangan emas di tambang Pujon telah diperhitungkan dan tidak akan habis digunakan hingga beberapa puluh tahun mendatang.

Tujuh Bukit

Tujuh Bukit, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur juga termasuk salah satu daerah penghasil emas terbesar di Indonesia.  Di Tempat ini memiliki cadangan mineral yang diprediksi mencapai 1,9 miliar ton. Dari total tersebut, 28 juta ons di antaranya adalah emas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya