Jokowi: Indonesia Segera Salurkan Bantuan ke Gaza lewat Udara

Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Madiun – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah Indonesia segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza. Bantuan itu akan disalurkan dengan pesawat Hercules melalui jalur udara.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media usai meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat, 8 Maret 2024.

"Kita tadi melihat peragaan nge-drop bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit," ujar Presiden.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Jalur Gaza, Palestina

Photo :
  • thehill.com

Jokowi sebelumnya meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan tersebut di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan. Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan di-drop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik," kata Kepala Negara.

Jokowi menambahkan, pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya