Terpopuler: Pilot-Copilot Batik Air Ketiduran, Smart Air Hilang, dan Awal Ramadhan Berbeda

Pesawat Batik Air
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

RoundUp – Ada tiga artikel terpopuler dari kanal News VIVA.co.id yang tayang pada Sabtu (9/3/2024). Ketiga artikel tersebut terkait pilot pesawat Batik Air, hilangnya pesawat kargo smart air, dan perbedaan awal Ramadhan di Indonesia dengan negara-negara Arab.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Dalam berita itu dijelaskan soal kronologi pilot dan copilot  Batik Air ketiduran saat terbang sempat menyantap mie instan, hilangnya pesawat Smart Air dikerahkan personel  polisi untuk mencarinya, dan kemungkinan terjadinya awal bulan puasa Ramadhan di Indonesia jatuh pada Selasa, 12 Maret, sementara di negara Arab mulai puasa Senin, 11 Maret 2024.  

1.Kronologi Pilot-Copilot Batik Air Ketiduran 28 Menit, Sempat Makan Mie Instan

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Ilustrasi pilot.

Photo :
  • Pixabay/Zorgist

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan investigasi insiden serius di pesawat Batik Air. Hal ini karena pilot dan copilot tidur secara bersamaan selama 28 menit saat pesawat masih terbang.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Berdasarkan laporan pendahuluan (preliminary report), dari hasil investigasi, pada 25 Januari 2024 pilot (32) dan copilot (28) menerbangkan pesawat Batik Air jenis Airbus A320 dengan kode registrasi PK-LUV.

"Pesawat ini dioperasikan oleh pilot dan copilot beserta empat pramugari," tulis KNKT lewat laporannya Sabtu, 9 Maret 2024.

Pesawat ini awalnya terbang dari Soekarno-Hatta, Jakarta menuju Bandar Udara Halu Oleo, Kendari. Saat persiapan terbang di Jakarta copilot mengaku kepada pilot bahwa dia kurang beristirahat. 

Pesawat pun berangkat dari Jakarta pukul 03.14 WIB. Selama penerbangan pilot (PIC) mempersilakan copilot (SIC)  untuk beristirahat, karena pilot menyadari bahwa copilot kurang istirahat. 

"PIC menawarkan SIC untuk beristirahat karena ia menyadari SIC kurang istirahat. SIC beristirahat di kokpit dan tidur sekitar 30 menit," jelasnya.

Sebelum pesawat turun copilot sudah bangun, kemudian saat pesawat mendekati Kendari Air Traffic Control (ATC) menginformasikan bahwa cuaca di bawah standar untuk pendaratan. Pada pukul 07.11 waktu Kendari pesawat mendarat dengan mulus, setelah berputar di langit selama 30 menit.

Setelah tiba, pilot dan copilot, jelas KNKT, menyantap mie instan di kokpit. Usai penumpang turun, proses boarding penumpang untuk penerbangan pulang ke Jakarta dimulai.

Selengkapnya baca di sini 

2.Polri Kerahkan Personel Cari Pesawat Kargo Smart Air Hilang Kontak di Kaltara

Pesawat Pilatus PC-6 PK-SNE milik Smart Air Aviation

Photo :
  • Instagram @smart.cakrawala.aviation

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, menyatakan bahwa Polri ikut terlibat dalam upaya pencarian pesawat kargo milik maskapai Smart Air yang hilang komunikasi di Kalimantan Utara (Kaltara).

"Menurut informasi dari Kapolres Nunukan, anggota Polsek Krayan Selatan sudah diberangkatkan pada Jumat (8/3) siang untuk melakukan pencarian di lokasi yang diduga pesawat terbang Smart Air terjatuh," kata Trunoyudo di Jakarta, Sabtu.

Jenderal polisi bintang satu itu menjelaskan bahwa pesawat kargo milik PT Smart Aviation, tipe PC 6 (Pilatus Porter) Registrasi PK-SNE, rute Tarakan-Binuang mengalami hilang komunikasi setelah take off dari Tarakan pukul 08.25 Wita, dengan estimasi mendarat di Binuang pukul 09.25 Wita.

"Sampai saat ini, pesawat yang membawa kargo perintis APBN belum diketahui posisinya," katanya.

Berdasarkan laporan dari Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol. Budi Rachmat, Trunoyudo menyebut bahwa petugas yang sudah diberangkatkan ke lokasi diduga tempat terjatuhnya pesawat belum menemukan informasi apa pun.

Selengkapnya baca di sini

3.Awal Ramadhan di Indonesia, Arab Saudi dan Negara-negara Lainnya Kemungkinan Besar Berbeda

Umat Muslim melakukan Tawaf keliling Kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

Negara-negara Islam dijadwalkan akan mengamati hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan pada hari Minggu, 10 Maret 2024 dan sesuai prediksi Pusat Astronomi Internasional (IAC), hilal diperkirakan juga akan terlihat pada hari tersebut.

Berdasarkan prediksi, Arab Saudi dan beberapa negara lain diperkirakan akan memulai puasa di Ramadhan pertama pada Senin, 11 Maret 2024. 

Hasil hisab IAC untuk kedudukan hilal di Mekah, Arab Saudi pada waktu pengamatan menyebutkan, bulan sudah terbenam 13 menit setelah matahari terbenam, umurnya 6 jam 22 menit, dan jaraknya dari matahari 3,4 derajat.

Data tersebut menunjukkan potensi terlihatnya hilal pada waktu pengamatan. Untuk itu, Arab Saudi diprediksi akan memulai puasa Ramadhan pada 11 Maret 2024.

Beberapa negara Islam lainnya, seperti Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (UEA), Amman di Yordania, Kairo di Mesir, Khartoum di Sudan, dan Rabat di Maroko juga diperkirakan akan memulai puasa pada 11 Maret. "Oleh karena itu, banyak negara diperkirakan akan memulai bulan Ramadan pada hari Senin, 11 Maret," jelas IAC dalam lamannya, melansir Pakistan Observer, Sabtu, 9 Maret 2024.

Selengkapnya baca di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya