Berbuka Puasa di KRL Dibolehkan, Perhatikan Detail Aturannya

Penumpang kereta rel listrik (KRL) commuter line menunggu kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

JakartaKAI Commuter memberlakukan aturan khusus kepada pengguna selama bulan Ramadhan 1445H/ 2024. Apa saja aturan bagi pengguna yang nantinya di dalam gerbong dibolehkan untuk berbuka puasa?

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Dalam keterangannya, pengguna commuter line diperbolehkan membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan, hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa di dalam kereta. Petugas juga akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa baik di dalam perjalanan maupun di area stasiun.

Namun, untuk berbuka puasa di dalam commuter line, pengguna diimbau berbuka dengan makanan dan minuman ringan. Pihak KAI juga mengimbau agar menghindari makanan atau minuman yang berbau menyengat demi kenyamanan bersama.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"KAI Commuter juga menyediakan fasilitas water station atau dispenser air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna. Saat ini fasilitas tersebut tersedia di Stasiun Juanda, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Bekasi," kata Corpoeate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dalam keterangannya.

"Pengguna juga bisa isi ulang air minum dengan menggunakan botol minum sendiri," ujarnya pada Senin, 11 Maret 2024.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

KAI juga mengatakan bahwa pada saat berbuka puasa, penumpang harus tetap disiplin menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan di dalam kereta maupun di area stasiun. KAI Commuter mengajak para pengguna commuter line untuk senantiasa menjalankan aturan dan syarat naik commuter line yang sudah ditetapkan agar perjalanan lebih aman, sehat, dan nyaman.

Sebagai informasi, selama bulan Ramadhan, operasional pelayanan perjalanan Commuter Line Jabodetabek dan Yogyakarta - Solo tetap berjalan normal.

Di Jabodetabek, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan tiap hari mulai pukul 04.00 - 24.00 WIB tiap harinya, dan pelayanan Commuter Line Bandara Soetta sebanyak 56 perjalanan setiap hari.

Sedangkan Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 24 perjalanan tiap hari dan Commuter Line Prameks sebanyak 8 perjalanan tiap harinya.

"KAI Commuter juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna dalam menggunakan commuter line untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya