5 Fakta Mencengangkan Kopassus: Pasukan Elit Kebanggaan Indonesia 

VIVA Militer: Danjen Kopassus tutup Pendidikan Para Dasar Taruna Akmil
Sumber :
  • Pen. Kopassus

VIVA – Kopassus adalah pasukan elit yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kedaulatan Indonesia. Kemampuan dan keberanian kopassus telah menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti terror. Rakyat Indonesia patut bangga memiliki salah satu pasukan elit militer yang cukup terpandang di dunia ini.

Sebagaimana TNI secara keseluruhan, Kopassus lahir dari rakyat dan bagian rakyat. Kopassus adalah miliki seluruh rakyat Indonesia. Kopassus mencatatkan pengabdian dirinya dalam menjaga keutuhan NKRI sejak berdirinya.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Kapolri dan Panglima TNI disematkan baret merah Kopassus

Photo :
  • dok Polri

Berikut 5 fakta mencegangkan kopassus melasir dari lama Kemhan, Jumat, 15 Maret 2024.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

1. Sejarah Panjang dan Terhormat

Kopassus dibentuk pada tanggal 16 April 1952 dengan nama Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD). Sejak awal, Kopassus telah telibat dalam berbagai operasi penting, termasuk pembebasan sandera di Woyla, Papua dan operasi pembebebasan sandera di Mapenduma.

2. Latihan Keras dan Seleksi yang Ketat

Prajurit Kopassus dikenal dengan kemampuannya yang luar biasa. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mereka harus melalui latihan keras dan seleksi yang ketat. Seleksi Kopassus terkenal sebagai salah satu seleksi tersulit di dunia, dengan tingkat kegagalan yang tinggi.

3. Kemampuan Beragam dan Mumpuni

Kopassus memiliki kemampuan yang beragam, termasuk anti terror, intelijen, operasi khusus, dan penyelamatan sandera. Kopassus juga mampu beroperasi di berbagai medan, seperti hutan, gunung, dan laut.

VIVA Militer: Vaksinasi booster prajurit Kopassus.

Photo :
  • Penerangan Kopassus

4. Prestasi Gemilang di Kancah Internasional

Kopassus telah diakui di dunia internasional sebagai salah satu pasukan elit terbaik. Kopassus telah terlibat dalam berbagai operasi bersama dengan pasukan elit dari negara lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

5. Semangat Kebangsaan yang Tinggi

Prajurit kopassus dapat mudah dikenali dengan ciri khas baret merah yang disematkan dikepalannya. Sehingga pasukan ini seringkali dijuluki sebagai Pasukan Baret Merah. Kopassus memiliki motto ‘berani, benar berhasil’ motto ini mencerminkan semangat kebangsaan yang tinggi dan komitmen kopassus untuk membela negara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya