Banjir Surut, Stasiun Semarang Tawang Kembali Layani Naik Turun Penumpang Kereta Api

Suasana Stasiun Semarang Tawang yang sudah bersih dari banjir.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Semarang – Setelah sempat terendam banjir cukup tinggi dan tidak beroperasi selama sehari penuh, Stasiun Semarang Tawang per hari ini, Jumat, 15 Maret 2024, sudah kembali bisa melayani naik turun penumpang.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Hal itu seiring surutnya genangan banjir di stasiun tersebut. Seluruh area Stasiun Semarang Tawang sudah bersih.

Hanya saja, untuk sementara ini layanan di Stasiun Semarang Tawang masih terbatas pada kereta api (KA) ke arah barat, yaitu kereta yang jadwalnya adalah berangkat maupun datang di Stasiun Semarang Tawang. Seperti dari dan ke Jakarta, Tegal, Pekalongan, Cirebon.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Sementara untuk rute Surabaya (arah timur)- Jakarta (arah barat) yang jadwalnya melintas di Semarang, untuk sementara masih dialihkan lewat lintas selatan Jawa.

Suasana Stasiun Semarang Tawang yang sudah bersih dari banjir.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)
INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menjelaskan, mulai Jumat pagi ini Stasiun Semarang Tawang dapat kembali normal melayani naik turun penumpang kereta api.

“Melihat banjir yang mulai surut, tim kebersihan dan tim prasarana Daop 4 langsung melakukan pembersihan dan perapihan area stasiun. Sehingga pada pagi ini pelayanan stasiun dapat berjalan dengan normal kembali. Akses masuk menuju stasiun juga sudah surut dan dapat dilewati kembali oleh masyarakat,” ujarnya.

Kereta api yang pertama diberangkatkan di Stasiun Semarang Tawang pascabanjir adalah KA Argo Merbabu dengan relasi Semarang Tawang - Gambir yang diberangkatkan tepat pada pagi ini pukul 05.50 WIB.

Meski begitu, untuk kereta ke arah timur (arah Surabaya/Solo/ Cepu) masih terjadi genangan air yang cukup tinggi pada petak jalan Stasiun Semarang Tawang - Stasiun Alastua.

Pantauan pada pukul 06.00 WIB Jumat pagi, genangan air pada Km 2+3 sampai dengan Km 3+1 ketinggian air masih sekitar 20 cm di atas kop rel, sehingga pada petak jalan tersebut masih belum bisa dilalui kereta api.

Sehingga, KAI masih menerapkan rekayasa pola operasi KA memutar via jalur selatan Jawa, dan ada pembatalan 4 kereta api atau 10 perjalanan KA pada Jumat, 15 Maret 2024.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya