Berbaur dengan Warga Lokal, Turis India Rayakan Holi Colour Festival di Bali

Perayaan Holi Colour Festival di Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali – Ratusan warga India berbaur dengan masyarakat lokal berpesta dalam perayaan Holi Colour Festival. Festival bertema 'Gulal' digelar di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, Bali pada Minggu, 24 Maret 2024.

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Masyarakat ikut bersenang-senang dengan mengaplikasikan warna-warna Holi secara bebas, satu sama lain sebagai tanda persahabatan dan persaudaraan universal.

Konsul Jenderal India di Bali Dr. Shashank Vikram mengatakan Lapangan Puputan Badung memiliki hubungan dengan India.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Pada tahun 1950, Perdana Menteri pertama India Pandit Jawaharlal Nehru memberikan sambutan kepada masyarakat Bali di Lapangan Puputan Badung, dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia.

"Kali ini, lapangan ini kembali menjadi tempat untuk menegaskan kembali hubungan antara India dan Indonesia, khusunya Bali," kata Dr. Shashank Vikram pada Minggu, 24 Maret 2024.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Perayaan Holi Colour Festival di Bali

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Selain itu, acara Holi yang dirayakan tahun ini juga menandai 75 tahun hubungan diplomatik India-Indonesia.

Dalam mitologi Hindu, kata Vikram, Holi membawa semangat kegembiraan, cinta, antusiasme dan kedamaian serta hari untuk menghidupkan kembali persahabatan dan membangun persahabatan baru.

"India sebagai negara multikultural, memiliki beberapa negara bagian yang merayakan Holi dengan cara dan nama yang berbeda," imbuhnya.

Sejumlah penampilan budaya tiga kelompok tari memberi warna pada festival warna dalam perayaan Holi yang jatuh pada Bulan Purnama.

Rombongan tari rakyat India Pratibha Kala Kendra yang terdiri dari penari dan penyanyi, dipimpin oleh Pratibha Sharma, seorang ahli tari Charkula dan tarian rakyat terkenal di wilayah Braj, negara bagian Uttara Pradesh.

Kelompok ini menampilkan tarian Bavayii, Mayur Ras, Kaalbeliya, phoolon ki Holi dan Barsane ki Latthmaar Holi yang menyoroti festival perayaan warna di Rajasthan dan Uttar Pradesh, serta kisah cinta antara Radha dan Krishna.

Sementara itu, guru tari bersama siswi SVCC Bali dan ISI Denpasar menampilkan tarian suka cita tari rakyat Holi dan Sambalpuri dari negara bagian Odisha.

Selain itu, grup tari India di Bali juga membuat acara semakin seru dengan penampilan tari Bollywood mereka yang hidup dan dinamis. Perayaan Holi ditutup dengan penampilan DJ yang membawakan lagu-lagu Holi.

Perayaan Holi Colour Festival 2024, digelar oleh Konsulat Jenderal India dan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda, Bali (SVCC Bali) bekerja sama dengan Balinese & Indian Friendship Association (BIFA).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya