45 Pengacara Resmi Daftar ke MK Bela Prabowo-Gibran

Tim Pembela Prabowo-Gibran mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat pada Senin, 25 Maret 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Kemenangan pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka rupanya membuat berbagai pihak merasa tidak terima dalam gugatan sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Hal itulah yang diajukan oleh kedua kubu atau kandidat dari paslon lainnya nomor urut 1 dan 3 yaki Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Kedua kubu bergabung satu suara untuk menggugat paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran dalam gugatan sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

Kedua kubu tersebut melalui kuasa hukumnya seperti Ganjar-Mahfud meminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mediskualifikasi pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dari kontestasi Pilpres.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Permintaan ini pun langsung disampaikannya usai mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke MK pada Sabtu 23 Maret 2024.  Setelah didiskualifikasi, ia meminta pemungutan suara ulang dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) seluruh Indonesia.

Sontak saja adanya gugatan tersebut yang dilayangkan kedua kubu membuat sejumlah pengacara maju untuk membela paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran. Seperti yang diketahui bersama baru-baru ini sejumlah pengacara kondang merapatkan barisan untuk siap membantu serta Prabowo-Gibran dalam menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Diketahui dari salah satu akun Instagram @mood.jakarta pada Selasa, 26 Maret 2024 ini nampak sejumlah pengacara ternama Tanah Air masuk ke dalam jajaran Tim Pembela Prabowo-Gibran.

Dalam video viral tersebut, sejumlah pengacara kondang yang dipimpin oleh Yusril Ihza Mahendra nampak mendatangi Gedung MK pada Senin, 25 Maret 2024 malam untuk mendaftarkan diri menjadi pihak yang bersangkutan dalam menghadpi gugatan sengketa pemilihan presiden 2024.

Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra, mengatakan bahwa terdapat 45 pengacara yang akan menjadi Tim Pembela Prabowo-Gibran di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Mereka adalah para pengacara senior dengan rekam jejak yang sudah dikenal di dunia hukum Tanah Air," kata Yusril lebih lanjut dikutip dari akun Instagram di atas.

"Kami semuanya adalah Tim Pembela Prabowo-Gibran, antara lain Pak Hinca Panjaitan, Pak Otto Hasibuan, Pak OC Kaligis, dan ini Pak Bos semua kenal, Hotman Paris. Total ada 45 orang," kata Yusril kepada awartawan di Gedung MK Jakarta, seperti dikutip Selasa 26 Maret 2024.

Sebagai informas, 45 pengacara yang merapatkan barisan bersamanya ini diketahui sudah menyerahkan berkas permohonan sebagai syarat menjadi pihak terkait untuk dua permohonan PHPU pilpres 2024. Hal itu dilakukan pada Senin malam 25 Maret 2024.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video yang viral di media sosial tersebut berhasil menyita perhatian warganet di media sosial.

"Otto, yusril, hotman udah cukup, sisanya pelengkap," tulis warganet. 

"Padahal prabowo pun kaya persis apa yg dilakukan anis sama ganjar lagi hoki taun ini salut," kata lainnya.

"Prabowo 2014,2019 juga sama,gugat ke mk,jadi hal kayak gini biasa" saja,toh mereka punya uang buat nyewa pengacara," tulis lainnya.

"Yes orang besar karena semuanya demi kepentingan orang besar bukan orang kecil kaya aku," seru lainnya.

"Bsok2 gak usah ada pemilu2 lg ..biarin pemilihan presiden kyk dlu lg..para mpr/dpr yg milih," kata lainnya.

"Gak gentar selagi benar, klo pun harus tetap kalah masih ada pengadilan akhirat yg sesiapa pun gak akan bisa ngeles ilmu hukum pun gak berlaku disana karena yg bukti dri orok tiap manusia sampe ajal ada rekamanny," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya