Tol Fungsional Solo-Yogyakarta Dibuka, Polda DIY Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Pemudik

Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Yogyakarta – Tol fungsional Solo-Yogyakarta akan dibuka untuk kendaraan pemudik di masa Libur Lebaran 2024. Polda DIY menyiapkan sejumlah antisipasi berupa rekayasa lalu lintas untuk mengatasi terjadinya kemacetan dari pengaktifan tol fungsional ini.

Usai Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Solo-Jogja Seksi 1 Dibuka Gratis

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan salah satu imbas dari pembukaan tol fungsional Solo-Yogyakarta akan dirasakan di daerah Prambanan. Suwondo membeberkan pihaknya menjadikan kawasan Prambanan sebagai fokus rekayasa lalu lintas.

Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi (Yogyakarta)
Ada Rekayasa Lalu Lintas Selama Konser Bruno Mars di JIS, Catat Jadwal dan Rutenya

"Fokus di Prambanan. Imbas dari tol fungsional akan mempercepat proses masuknya (kendaraan) ke Yogyakarta," kata Suwondo, Rabu 3 April 2024.

Suwondo membeberkan rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk mengantisipasi agar tak terjadi penumpukan kendaraan. Suwondo menyebut nantinya kendaraan bermotor akan diarahkan ke jalur Ring Road dan tak melintas di tengah Kota Yogyakarta.

Opening Ceremony PON XII di Sumut, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Stadion Baharuddin Siregar

"Kita akan bermain tengah dikurangi. Misalnya gak digeser, yang mau melintas silakan melintas. Tidak masuk ke tengah-tengah Kota Yogyakarta. Itu upaya yang kita lakukan," urai Suwondo.

Sementara Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal merinci untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan yang masuk dari arah Prambanan, pihaknya akan bekerjasama dengan Polres Klaten.

"Kalau ekor (kemacetan) sudah panjang sampai di daerah Klaten, kita akan membantu melakukan penarikan arus dari Prambanan menuju ke Maguwoharjo," urai Alfian.

"Kendaraan yang mengarah ke Magelang, bisa kita arahkan ke Ring Road. Jika ingin masuk ke Kota Yogyakarta bisa lurus lewati UIN. Apabila mau wisata, bisa melewati Piyungan atau Janti," imbuh Alfian.

Alfian optimis rekayasa lalu lintas yang dilakukan Polda DIY ini bisa mengurangi terjadinya kemacetan. "Insyaallah saya yakin dengan manajemen rekayasa ini bisa mengurangi kemacetan. Kepadatan (lalu lintas) pasti. Untuk mengurangi kemacetan iya," tutup Alfian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya