Arahan Jokowi ke KSAU Baru Marsekal Tonny Harjono

Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono saat dilantik Presiden
Sumber :
  • Setpres

Jakarta - Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono resmi dilantik menggantikan posisi Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Seusai dilantik menjadi KSAU, Tonny mengungkap arahan Presiden Jokowi, yang meminta agar angkatan udara semakin kuat dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Bapak presiden juga menyampaikan bahwa angkatan udara harus kuat, harus sesuai dengan apa yang termaktub dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI yang sudah jelas disitu tugas TNI angkatan udara di pasal 10 ada 4,” kata Tonny di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 5 April 2024.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tonny Harjono dilantik sebagai KSAU

Photo :
  • Youtube Setpres

Dia melanjutkan, empat tugas TNI AU, yakni melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan; menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi; melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara; dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Selain itu, lanjut Tonny, Presiden Jokowi juga menginginkan TNI angkatan udara menjaga stabilitas keamanan  dan kedamaian di seluruh wilayah Indonesia.

"Kemudian beliau juga ingin angkatan udara yang kuat, yang kuat bukan berarti kita Ingin menakut-nakuti musuh, bukan berarti kita ingin perang dengan negara-negara tetangga. Tapi angkatan udara yang kuat adalah angkatan udara yang bisa menjaga stabilitas keamanan kedamaian di kawasan," ujarnya.

Presiden Jokowi lantik Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono jadi KSAU.

Photo :
  • Tangkapan layar Sekretariat Presiden

Mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II ini berkomitmen menjalankan seluruh arahan presiden dengan sebaik-baiknya. 

"InsyaAllah akan kami laksanakan tentunya mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia kami melaksanakan tugas terhitung mulai hari ini sebagai Kepala Staf Angkatan Udara," Imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya