Polda Jateng Berlakukan One Way di Jalur Tol Cipali hingga Semarang-Batang

Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah
Sumber :
  • Didiet Cordiaz

Semarang – Polda Jateng berlakukan one way nasional dari Km 72 Tol Cipali hingga Km 414 Tol Semarang-Batang, Jumat (5/4/2024).

Polres Majalengka Berhasil Tangkap Pengedar Sabu di Tol Cipali

"Ketika one way diberlakukan, arus kendaraan di tol menuju Jakarta harus menggunakan jalur arteri," ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat kunjungan di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Jumat (5/4/2024) pagi.

Untuk mengurangi kepadatan arus di arteri akibat one way, pihak kepolisian telah menyiapkan tim strong point untuk mengatur arus lalu lintas. Selain itu, telah disiapkan rekayasa lalu lintas.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

"Arteri, khususnya Semarang Raya, akan dialihkan ke Pekalongan Raya hingga ke Brebes," jelasnya.

Pihak kepolisian juga mengantisipasi lonjakan arus di jalur tol dengan menerapkan one way lokal. Sistemnya adalah membatasi jumlah kendaraan yang melintasi GT Kalikangkung menjadi 3 ribu kendaraan per jam secara berturut-turut.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

"One way lokal akan diberlakukan hingga Tol Bawen, dan jika masih padat, kemungkinan akan diperpanjang hingga Tol Tingkir," tambahnya.

Saat ini, arus lalu lintas di GT Kalikangkung masih normal dan belum menunjukkan peningkatan signifikan. Namun, diperkirakan lonjakan arus mudik akan terjadi pada Jumat (5/4/2024) malam hingga Sabtu (6/4/2024).

Pada Kamis (4/4/2024) sekitar pukul 17.00 WIB, terjadi lonjakan arus dengan mencapai 2.700 unit kendaraan per jam. Kapolda mengingatkan para petugas di rest area tol untuk waspada terhadap kemungkinan penyempitan jalur (bottleneck).

Selain itu, para petugas di pos perbatasan, seperti pos perbatasan Pacitan, Lasem, Cilacap, Sragen, dan Gunung Lawu, juga diminta untuk siap siaga.

Untuk pemudik pemotor, pola perjalanan biasanya terjadi pada jam-jam subuh dan siang hari, sekitar pukul 14.00. Pihak kepolisian akan memberikan pengawalan kepada pemotor, terutama di cekpoin Brebes.

"Nanti di Brebes kita akan melakukan kumpul-kumpul, memberikan layanan kesehatan, dan kemudian mengawal pemotor secara berantai dari Brebes hingga Batang," tambahnya. (Didiet Cordiaz/Semarang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya