Tol Bocimi Dibuka Fungsional One Way untuk Arus Balik Lebaran, Simak Jadwalnya

Sejumlah pengendara melintas di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I yang belum beroperasi di Ciawi, Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Sukabumi – Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) diberlakukan fungsional untuk arus balik lebaran arah Jakarta pada Sabtu sore, 13 April 2024, atau H+3 Lebaran 2024. Jalan tol tersebut sebelumnya difungsikan dari Jakarta ke arah Sukabumi pada pagi hingga sore.

Hadirnya Tol Nirsentuh di Indonesia Bikin Tarif Jalan Tol Naik?

Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Fiekri Adi Perdana mengatakan Jalan Tol Bocimi difungsikan satu arah atau one way dari mulai KM 60 hingga KM 72 pada momen libur Lebaran 2024. Sebelumnya sebagian jalan di Tol Bocimi pada KM 64 mengalami longsor di jalur A.

"Kita akan kembali balik untuk jalur one way dari arah Parungkuda menuju Jakarta," kata Fiekri saat ditemui di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, 13 April 2024

PSSI Kerja Sama dengan Kepolisian Perketat Keamanan Hotel Timnas Indonesia

Jalan tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak siap difungsikan mulai hari ini

Photo :
  • Dok. PUPR

Adapun pemberlakuan arus satu arah di Tol Bocimi untuk dari arah Jakarta ke Sukabumi pada Sabtu ini diberlakukan pada pukul 07.00 WIB hingga sekitar pukul 14.30 WIB. 

Pengguna Jalan Tol Wajib Daftar Aplikasi MLFF Cantas Agar Terhindar Denda, Simak Aturannya

Sedangkan pemberlakuan arus satu arah sebaliknya ke arah Jakarta diberlakukan mulai pukul 15.00 WIB.

Di samping itu, menurutnya Tol Bocimi berpotensi akan dilakukan penutupan sementara jika turun hujan guna mengantisipasi kerawanan kecelakaan. Karena jika turun hujan, menurutnya kawasan Tol Bocimi biasanya turun kabut yang menghambat penglihatan pengemudi.

Menurutnya pada Sabtu ini arus kendaraan yang menuju ke destinasi wisata Pantai Pelabuhan Ratu mulai mengalami kepadatan. Dia mengatakan kepadatan arus tersebut sempat terjadi sejak sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Kepadatan yang terjadi pun berlangsung mulai dari Gerbang Tol Parungkuda atau akses keluar Tol Bocimi, hingga ke jalur arteri kawasan Cibadak yang mengarah ke Pelabuhan Ratu.

Adapun dia memprediksi puncak arus balik dari arah Sukabumi akan terjadi pada Minggu (14/4). Karena menurutnya banyak masyarakat yang memilih untuk menginap di Pelabuhan Ratu pada Sabtu malam dan pulang keesokan harinya.

"Jumat kemarin ada sedikit berbincang dengan pengemudi motor dan mobil, banyak sekali saudara-saudara kita dari Cianjur, Jakarta, Bogor ke Pelabuhan Ratu," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya