Arus Balik Lebaran, Polda Metro Siapkan Contraflow Tol Dalam Kota

Contraflow tol dalam kota
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

Jakarta - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) bakal menerapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di tol dalam kota saat arus balik lebaran 2024.

Polisi Bongkar Home Industri Narkoba Sintetis di Perumahan Mewah Sentul

"Kita akan melakukan contraflow, yaitu dari Pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dalam keterangannya, Sabtu, 13 April 2024.

Pemberlakuan Contra Flow di Tol Dalam Kota Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Latif menegaskan bahwa upaya yang dilakukan Polda Metro jaya itu sebagai salah satu strategi yang dipersiapkan untuk arus balik lebaran 2024.

“Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik, karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1,035.000 juta sekian kendaraan yang keluar," kata dia. 

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Latif mengatakan persiapan pertama diharapkan pemudik yang akan menuju Jakarta dan sekitarnya bisa mengatur kepulangan dengan memanfaatkan empat hari masa arus balik yang telah disiapkan.

“Saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta mempersiapkan. Betul siap kondisi badannya dan siap betul-betul operasional di jalan. Jangan sampai kehabisan bensin, dan kendaraannya tidak siap. Ini kita betul-betul menghimbau dari sekarang,” ucap dia.

Selanjutnya untuk menghindari terjadinya penumpukan di simpang susun Cikunir, yang akan menuju ke Jorr Selatan menuju Pondok Indah, lalu Jorr Utara ke Tanjung Priok, dan akses Halim Utama Tol Dalam Kota.

Pemudik bisa memanfaatkan tol fungsional, Tol Cimanggis-Cibitung yang telah bisa digunakan masyarakat dengan waktu operasional 06.00 WIB sampai 16 April 2024 jam 17.00 WIB.

“Maka dari itu masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis -Cibitung). Tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan,” kata Latif.

Pemberlakuan Contra Flow di Tol Dalam Kota Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

“Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang silahkan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah,” sambungnya.

Apabila kondisi Tol Dalam Kota pun masih terjadi penumpukan, petugas telah menyiapkan contraflow. Dengan begitu kendaraan yang akan menuju daerah Jakarta Barat bisa tetap jalan.

“Kita akan melakukan contraflow yaitu dari pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR,” jelasnya.

“Ini kesiapan kita dan perlu diketahui masyarakat saya berterima kasih kepada media untuk mensosialisasikan ini karena masyarakat akan tahu jalan mana yang bisa nyaman untuk mereka akan kembali ke Jakarta,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya