One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Dok. Istimewa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Korlantas Polri resmi memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) one way mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali pada Sabtu, 13 April 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Adapun one way dibuka sekitar pukul 15.00 WIB. Pembukaan rekayasa lalin berupa one way itu ditandai dengan seremoni flag off. One way dilepas oleh Menko PMK, Muhadir Effendy.

"Dengan mengucapkan bismillah. Perjalanan satu jalur ke arah jakarta dengan ini saya nyatakan resmi dilaksanakan," kata Muhadjir.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Sebelum one way diberlakukan, polisi telah melakukan pembersihan jalur sejak pukul 13.00 WIB tadi. Pembersihan dilakukan untuk memastikan tak ada lagi kendaraan yang melintas.

Kendaraan Melintas di Tol Kalikangkung Semarang saat mudik

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno
Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Adapun one way ini diberlakukan untuk menambah kapasitas jalan bagi pemudik yang hendak kembali ke arah Jakarta.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas Polri menunda pelaksanaan rekayasa lalu lintas (lalin) one way dari KM 414 ruas Tol Kalikangkung sampai KM 72 ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) siang ini. Hal itu lantaran arus kendaraan dari timur ke barat Jawa memasuki periode hari pertama arus balik masih rendah.

“Ini masih belum signifikan jadi kami memutuskan untuk one way dari 414 ke 72 sesuai jadwal jam 14.00 WIB ini sementara kami tidak laksanakan,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan, Jumat 12 April 2024.

Namun, dia tetap minta kepada para pemudik agr selalu memantau perkembangan arus lalin. Hal ini supaya mengetahui tindakan pemberlakukan rekayasa lalin oleh petugas.

“Tetap kami mengimbau kepada yang akan arus balik. Untuk tetap, jaga keselamatan, pastikan kesehatan fit, prima. Kemudian kendaraan prima, ikuti arahan petugas dan rambu-rambu yang ada. Kalau lelah silakan berhenti. Silahkan ke rest area, kalau sudah tutup silakan exit ke luar tol ya. Exit tol terdekat sehingga bisa istirahat lebih nyaman dan lama,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya