Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Pelita Air datangkan Airbus 320.
Sumber :
  • Pertamina.

Jakarta – Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Yogandari mengatakan, Pelita Air berhasil mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time performance (OTP) sebesar 95 persen, selama periode peak season arus balik Lebaran 2024.

Garuda Janji Akan Berikan Kompensasi Buntut Penerbangan Haji yang Alami Delay

Dia menegaskan, hal ini menunjukkan kinerja Pelita Air yang mengutamakan operational and service excellence, walaupun di tengah kondisi peak season.

“Pelita Air senantiasa berupaya untuk menjaga kelancaran operasional dan layanan penerbangan pada masa angkutan Lebaran 2024, khususnya periode arus balik ini. Hal itu dilakukan melalui koordinasi yang intensif dengan para mitra dan pemangku kepentingan industri penerbangan lainnya, khususnya pengelola layanan kebandarudaraan," kata Agdya dalam keterangannya pada Jumat, 19 April 2024.

Singapore Airlines Ubah Aturan Sabuk Pengaman Buntut Turbulensi yang Tewaskan 1 Penumpang

Pesawat Pelita Air lepas landas.

Photo :
  • Dok. Pelita Air

Menurutnya, hal tersebut salah satunya ditunjukkan dengan capaian rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time performance Pelita Air, yang mencapai 95 persen di tengah peak season angkutan Lebaran tahun ini.

Puluhan Korban Singapore Airlines SQ321 Alami Cedera Otak dan Sumsum Tulang Belakang

Selain itu, lanjut Agdya, untuk menjaga kelancaran layanan penerbangan khususnya mengenai penanganan bagasi di bandara, Pelita Air berkoordinasi secara intensif dengan pengelola bandara agar penanganan bagasi dapat berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan antrean pengambilan bagasi.

Pada periode arus balik Lebaran 13-18 April 2024, Pelita Air melayani 43.614 penumpang atau naik 4 kali lipat dari jumlah penumpang Pelita Air di periode arus balik Lebaran tahun 2023 lalu. Total penumpang yang sudah dilayani sejak awal periode angkutan Lebaran 2024, yakni sejak 3-18 April mencapai sebanyak 105.022 penumpang, atau naik 3 kali lipat dari jumlah penumpang Pelita Air periode Lebaran tahun lalu.

Sementara itu, pada puncak arus balik Lebaran 2024, yang terjadi pada 15 April 2024 (H+5 Lebaran), Pelita Air mengangkut 8.203 penumpang atau meningkat 168 persen dari jumlah penumpang pada puncak arus balik Lebaran tahun lalu.

Adapun, rute atau destinasi dengan trafik penumpang tertinggi pada periode arus mudik atau arus balik Lebaran 2024, yaitu rute Jakarta- Surabaya-Jakarta, rute Jakarta-Padang-Jakarta, dan rute Jakarta-Pekanbaru-Jakarta.

Sementara, tingkat keterisian kursi penumpang (seat load factor/ SLF) pada masa angkutan Lebaran 2024 mencapai 76,70 persen, meningkat 5,6 poin dibanding SLF pada periode angkutan Lebaran tahun 2023 lalu.

“Secara umum, operasional dan layanan penerbangan Pelita Air selama periode angkutan Lebaran 2024 berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti di lapangan. Kami terus memantau dan mengevaluasi dengan intensif layanan penerbangan periode angkutan Lebaran yang berakhir 18 April 2024 kemarin, dan setelahnya di mana diprediksi arus balik masih akan berlangsung hingga Minggu, 21 April 2024 mendatang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya