10 Jam Berlakukan One Way Jalur Puncak, Polisi Klaim Kendaraan Arah Jakarta Ramai Lancar

Ganjil Genap di Puncak Bogor
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad AR

Bogor – Polisi memberlakukan sistem satu arah atau one way di kawasan Puncak, Bogor, ke arah Jakarta selama 10 jam. Rekayasa lalu lintas itu dilakukan pada Sabtu, 14 April 2024 atau H+2 Lebaran 2024, sejak pukul 11.00 WIB dan masih berlangsung hingga pukul 21.00 WIB.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Selama pelaksanaan rekayasa itu, arus dari arah Jakarta menuju ke Puncak ditutup sementara. Pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way selama 10 jam dari kawasan Puncak ke arah Jakarta dilakukan guna mengurai kepadatan wisatawan di kawasan wisata Puncak.

 "Jalur Puncak diberlakukan one way arah bawah (Puncak-Jakarta) dengan titik pending Pos 1 B dan SPBU Patung Ayam Ciawi," kata Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Dengan adanya sistem tersebut, arus kendaraan dari arah Puncak mulai dari kawasan Megamendung hingga ke Simpang Gadog dalam kondisi ramai lancar dan tidak ada hambatan hingga masuk ke Tol Jagorawi.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Sedangkan kendaraan yang dari arah Jakarta di Tol Jagorawi diarahkan untuk tidak masuk ke jalur Puncak. Selain itu, ada sejumlah kendaraan, pun ada yang tertahan di Simpang Gadog dan memilih untuk menunggu rekayasa satu arah itu selesai diberlakukan.

Rio juga mengatakan pihaknya melaksanakan patroli jalur guna mengantisipasi pelambungan jumlah kendaraan serta merapikan antrean kendaraan di sepanjang jalur wisata Puncak.

"Kami juga melaksanakan pemberlakuan ganjil-genap di jalur wisata Puncak dan melaksanakan pengecekan pelat nomor kendaraan mulai pukul 06.00 WIB di Simpang Gadog," katanya.

Sebelumnya, Polres Bogor telah menerapkan one way dari arah Jakarta menuju ke Puncak selama sekitar 4,5 jam mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Selain itu, polisi juga memberlakukan rekayasa lawan arah atau contra flow di ruas Tol Jagorawi mulai dari Gerbang Tol Ciawi hingga ke persimpangan masuk ke kawasan Gadog. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya