Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

Antrian Panjang di Gerbang Tol Cikampek Utama Saat Arus Balik Lebaran 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek kembali diterapkan. Rekayasa lalu lintas itu berupa pemberlakuan contraflow.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Ria menjelaskan bahwa rekayasa contraflow itu kembali diterapkan demi mengurai peningkatan volume lalu lintas pada periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang terjadi di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek. Hal itu juga karena diskresi dari pihak kepolisian.

Maka itu, pengendara yang hendak melakukan arus balik pada mudik lebaran tahun 2024 diminta untuk tetap dalam kondisi yang prima. Artinya, pengendara diminta untuk tidak membawa penumpang dan barang melebihi batas muatan, tidak masuk ke lajur contraflow apabila dalam kondisi lelah dan segera beristirahat di rest area terdekat, tidak mendahului kendaraan di lajur contraflow dan tidak berkendara secara zigzag serta menyalakan lampu kendaraan pada siang hari saat memasuki lajur contraflow.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

contraflow di Tol Cikampek/Ilustrasi.

Photo :
  • VIVA.co.id/TMC Polda Metro Jaya

"Atas diskresi dari pihak Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) lakukan rekayasa lalu lintas kendaraan arah Jakarta serta imbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan," ujar Ria dalam keterangannya, Minggu 14 April 2024.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Rekayasa lalu lintas berupa penerapan contraflow itu dilakukan pada dua lajur yakni mulai dari KM 70 sampai dengan KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pukul 13.14 WIB.

"Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.2 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya