Kapolda Riau dan Anak Buah Beri Rasa Aman dan Nyaman Pemudik saat Arus Balik, Begini Caranya

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal meninjau langsung arus balik
Sumber :
  • Dok Polda Riau

Pekanbaru - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal melaksanakan kegiatan asistensi bersama pejabat utama Polda Riau, serta instansi terkait di wilayah Kabupaten Kampar dalam rangka peninjauan langsung arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H.

10 Provinsi dengan Jalan Rusak Terbanyak di Indonesia, Lampung Peringkat Berapa?

Kegiatan asistensi berlangsung di Pos Pam Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 yang berada di pintu masuk gerbang Tol XIII Koto Kampar di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Kegiatan juga dilanjutkan dengan pemantauan arus balik di Gerbang Tol Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kebupaten Kampar. Minggu 14 April 2024.

Tolak Setoran Judi, Kapolsek Barus Dapat Hadiah Umrah dari Kapolda Sumut

Kapolda menjelaskan, arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 2024 sementara waktu terpantau kurang lebih hingga hari ini, terdata sebanyak 38,154 kendaraan yang memasuki wilayah Provinsi Riau.

"Sementara untuk kendaraan yang terpantau masuk di Gerbang Tol Permai arus balik dari wilayah Sumatera sementara ini berjumlah 19,556 kendaraan, sedangkan dari Sumatera Barat yang melintas di Tol Permai berjumlah 18,194 kendaraan,: kata Kapolda.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal meninjau langsung arus balik

Photo :
  • Dok Polda Riau

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan pengecekan Pos Pam, kesiapan personel yang bertugas di Pos Pam dan melaksanakan kegiatan pemantauan langsung arus balik mudik Lebaran. Hari ini kita tinjau langsung bersama instansi terkait, serta pejabat utama Polda Riau," lanjutnya.

Adapun tujuan kegiatan asistensi ini, kata Kapolda, merupakan salah satu bentuk komitmen kami dari Polda Riau dan instansi terkait, untuk memastikan kesiapan personel yang bertugas di lapangan agar all out untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan balik mudik Lebaran.

"Dapat saya jelaskan arus mudik balik lebaran kita prediksi bersama akan ada peningkatan signifikan di malam ini. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik, pengamanan dan pengawasan, patroli di wilayah rawan laka tetap kita laksanakan dan kita tingkatkan, tujuannya guna menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan arus balik mudik ini. Personel gabungan yang bertugas siap memberikan pelayanan kepada pemudik yang melaksanakan balik mudik," kata Kapolda.

Sementara itu, dari pantauan langsung di lokasi kegiatan, baik di Pos Pam XIII Koto Kampar dan Gerbang Tol Sungai Pinang, tampak Kapolda Riau yang didampingi PJU Polda Riau, serta instansi terkait menyapa pemudik yang baru saja balik dari Sumatera Barat.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal meninjau langsung arus balik

Photo :
  • Dok Polda Riau

Selain menyapa, Kapolda memberikan bingkisan menarik kepada pengendara dan menyampaikan pesan edukasi Kamseltibcarlantas agar pengendara tetap semangat dan fokus dalam berkendara, serta mengutamakan keselamatan dari pada kecepatan. 

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat menambahkan, pihaknya siap memberikan kelancaran aktivitas lalu lintas untuk arus balik Lebaran ini.

"Seluruh personel gabungan yang terlibat dalam Ops Ketupat Lancang Kuning 2024, saat ini sudah tergelar dan stasioner di Pos Pam, Pos Yan dan Pos Terpadu yang ada. Selain itu, petugas kita yang ada di Jalan Tol Pekbang maupun Tol Permai juga siap memberikan pelayanan kepada pemudik yang melakukan perjalanan balik mudik ini," katanya.

Lebih lanjut, Dirlantas juga menyampaikan imbauan nya kepada seluruh masyarakat yang melakukan balik mudik agar mengutamakan keselamatan.

"Bila lelah silahkan istirahat di tempat yang aman. Utamakan keselamatan dari pada kecepatan, semoga selamat sampai tujuan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya