Amanat Ba'asyir, 'Bomber' Borobudur Amir JAT

Abu Bakar Ba'asyir Dibawa ke Mabes Polri
Sumber :
  • AP Photo/Irwin Ferdiansyah

VIVAnews - Ustad Achwan telah ditunjuk sebagai pengganti sementara Abu Bakar Ba'asyir sebagai pimpinan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT). Pemilihan Ustad Achwan sebagai pimpinan sementara itu merupakan amanat dari sang amir, Abu Bakar Ba'asyir sejak lama.

"Sekitar bulan Mei yang lalu, beliau kurang sehat. Beliau berpesan kalau seumpama beliau berhalangan dan tidak mampu memimpin, Ustad Achwan diminta sebagai penggantinya," kata juru bicara JAT, Son Hadi ketika dihubungi VIVAnews.

"Amanah itu disampaikan sendiri oleh beliau (Ba'asyir)." Atas dasar pesan Ba'aasyir itu, JAT pun segera menggelar rapat untuk menentukan pengganti sementara Ba'asyir paska penangkapan 9 Agustus yang lalu di Banjar, Jawa Barat.

Dan pilihannya, sudah pasti Ustad Achwan sebagaimana yang diamanahkan oleh sang amir sebelumnya. "Kami berkonsultasi kepada ustad (Ba'asyir). Kami menggelar rapat dan menetapkan Ustad Achwan sebagai pengganti sementara," kata dia.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

"Sekarang sudah aktif sebagai pimpinan sementara," kata dia. Achwan adalah mantan pengikut Majelis Mujahidin Indonesia (MMI). Kemudian pindah ke JAT dan menjadi pimpinan di wilayah timur.

Achwan yang kini tinggal di Malang itu berusia sekitar 60 tahun. Dia bukanlah seorang pengasuh pondok pesantren sebagaimana Ba'asyir yang mengasuh Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Solo, Jawa Tengah. Achwan adalah mantan 'pejuang'.

Kiprahnya bersama MMI tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut Son Hadi, Achwan pernah berjihad bersama MMI. Achwan diduga terlibat dalam pengeboman Candi Borobudur pada 21 Januari 1985.

Akibat dugaan keterlibatan itu, Achwan dianggap telah melakukan tindakan makar oleh Pemerintah Orde Baru di bawah Soeharto yang saat itu berkuasa. Achwan pun dipenjara seumur hidup sebelum akhirnya dibebaskan pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). (umi)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024