DPR Minta Kemenag Pastikan Bus Jemaah Haji Terpasang Bendera Indonesia

Bus Shalawat jemaah haji Indonesia
Sumber :
  • Media Center Haji 2024

Jakarta - Komisi VIII DPR RI menyoroti masalah bus yang digunakan jemaah haji Indonesia belum semua terpasang bendera Indonesia sehingga hal ini merugikan jemaah haji Indonesia. 

Eks Penyidik KPK Soroti Proses Seleksi Calon Anggota BPK

“Kami telah mengecek, ada sekitar 414 bus selawat yang disiapkan namun belum semuanya terpasang bendera Indonesia. Ini menjadi penting sebagai penanda. Karena berkaca pada tahun lalu, bus yang seharusnya dipakai oleh jemaah kita justru banyak ditumpangi oleh jemaah dari negara lain, sehingga jemaah kita jadi kekurangan bus dan berdampak pada terhambatnya mobilitas ibadah mereka,” kata Anggota Komisi VIII DPR RI Wisnu Wijaya, Kamis, 13 Juni 2024.

Wisnu yang juga Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI itu meminta Kemenag RI memastikan pihak penyedia transportasi lokal agar segera melengkapi semua bus yang sedianya dipakai. Hal itu untuk melayani jemaah asal Indonesia dilengkapi dengan bendera Indonesia.

Isuzu Traga Bus Jadi Inovasi Baru di Sektor Angkutan Penumpang

Bus Shalawat jemaah haji Indonesia

Photo :
  • Media Center Haji 2024

Pada kesempatan sama, legislator PKS itu juga menyoroti minimnya jumlah bus yang disediakan untuk Lansia. Wisnu menambahkan, jumlah armada bus yang disediakan juga tidak sebanding dengan jumlah lansia yang membutuhkan layanan khusus.

Operasional Pemulangan Berakhir, 62 Jemaah Haji Masih Dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi

“Infonya hanya ada sekitar 20 armada bus yang disiapkan untuk lansia, padahal jumlah jemaah lansia kita mencapai 40 ribu. Kami menilai jumlah ini sangatlah kurang untuk melayani banyaknya jemaah lansia kita," ujarnya.

Terlebih, menurut Wisnu, saat melakukan pengecekan di lapangan, dirinya juga belum menemukan bus mana saja yang diperuntukan bagi mereka. Termasuk bagi yang safari wukuf, yang ingin ke Arafah tapi belum bisa ikut turun karena kondisi kesehatan tertentu. “Kami juga belum bisa mengecek busnya yang mana,” ujarnya.

Jemaah haji Kloter 106 atau kloter terakhir Debarkasi Surabaya setiba di Bandara Juanda Surabaya. (Foto: Humas PPIH Debarkasi Surabaya)

Kloter Terakhir Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Tiba di Tanah Air

Jemaah haji yang sakit di Arab Saudi ditanggung oleh pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Juli 2024