Cak Imin Beberkan Masalah Penyelenggaraan Haji Tahun 2024

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Mei 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Ketua Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membeberkan sejumlah laporan terkait berbagai masalah dalam penyelenggaraan haji tahun 2024. Salah satunya yaitu masalah air conditioner (AC) yang tidak berfungsi di banyak lokasi.

Jokowi Ogah Komentar soal DPR Setujui RUU Wantimpres Jadi Dewan Pertimbangan Agung

"Ada banyak laporan yang masuk, yang pertama matinya AC di mana-mana," kata Cak Imin dalam keterangannya, Selasa, 18 Juni 2024.

Selain masalah AC, Cak Imin juga menyoroti tenda jemaah haji di Indonesia yang melebihi kapasitas. Sebab, tenda yang disediakan tidak mampu menampung jumlah jemaah yang ada dan tidak dilengkapi dengan kasur yang memadai.

Puan Singgung 'No Viral, No Justice' gara-gara Negara Lambat Atasi Masalah Rakyat

Puncak Haji, Hari Kedua di Mina, Jemaah Lontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah

Photo :
  • Humas kemenag

Masalah lain, kata Cak Imin, adanya penempatan tenda jemaah yang tidak sesuai dengan maktab yang telah ditentukan. Pengawasan masih terus dilakukan, terutama saat jemaah melaksanakan prosesi melempar jamrah aqobah di Mina.

Menko Polhukam Pastikan Dwifungsi TNI Tidak Akan seperti Era Orde Baru

Ilustrasi ibadah haji.

Photo :
  • MCH 2023

"Adanya keterlambatan transportasi bus yang membawa jemaah haji dari pemondokan ke Arafah. Pengantaran jemaah yang dijadwalkan pada pagi hari mengalami keterlambatan hingga siang dan sore hari. Hal ini tentunya mengganggu kenyamanan dan kelancaran ibadah para jemaah," ujarnya.

Cak Imin mengatakan, Timwas Haji DPR berencana membentuk panitia khusus (pansus) untuk mengevaluasi temuan-temuan tersebut dan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji di masa mendatang.

"Kita berencana membentuk panitia khusus atau pansus untuk mengevaluasi temuan-temuan tersebut dan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji di masa mendatang," ujar Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya