Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Tanah Air, Semoga Mabrur

Penyambutan ketibaan jemaah haji kloter pertama asal kota tangerang di asrama haji cipondoh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Ratusan jemaah haji Kota Tangerang, tiba di Asrama Haji Cipondoh, Provinsi Banten atau Hotel Grand El Hajj Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu, 23 Juni 2024.

Berikan Closing Statement, Menag Yaqut Sebut Haji 2024 Berjalan Lancar dan Sukses

Terdata sebanyak 433 jemaah haji Kota Tangerang tiba pada dini hari, setelah sebelumnya mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu, 22 Juni 2024 malam.

Para jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang atau kloter pertama ini, disambut jajaran Pemerintah Provinsi Banten dan Kota Tangerang di asrama haji Cipondoh.

Menteri Israel Izinkan Masyarakat Yahudi Ibadah di Masjid Al-Aqsa

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar mengucapkan, selamat datang kepada para jemaah dan menyampaikan menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak, yang telah membantu lancarnya proses fasilitasi ibadah haji mulai dari keberangkatan hingga kedatangan para jemaah dari tanah suci ke tanah air.

Kepulangan Jemaah Haji Indonesia

Photo :
  • Kemenag RI
Terpopuler: Boikot Atlet Israel di Olimpiade Paris 2024, Cristiano Ronaldo KW Naik Haji

"Alhamdulillah, rasanya baru kemarin kita melepas bapak ibu semuanya untuk menyempurnakan ibadah dan rukun islam di tanah suci dan kini saya sangat senang bisa bertemu kembali dengan bapak ibu di tempat yang menyenangkan ini, di Kota Tangerang, di Asrama Haji Provinsi Banten," katanya.

Ia juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas segenap dedikasi dari jajaran Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten yang didukung penuh juga oleh Pemkot Tangerang.

"Apresiasi juga kepada jajaran, sehingga penyelenggaraan pemberangkatan dan pemulangan ibadah haji di Provinsi Banten khususnya di Kota Tangerang ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Tangerang, Herman Suwarman menyampaikan, ucapan selamat kepada para jemaah seraya mengapresiasi kolaborasi dan sinergi antara Pemkot dengan Kemenag dalam penyelenggaraan ibadah haji di Kota Tangerang.

"Semoga sinergi dan kolaborasi ini dapat terus dijaga dan dipertahankan agar para jemaah haji Kota Tangerang dapat beribadah di tanah suci dengan lebih khusyuk dan semoga di tahun depan Asrama Haji Provinsi Banten ini dapat digunakan tidak hanya untuk menyambut kedatangan para jemaah tetapi juga untuk keberangkatan," ungkapnya.

Tiba di Jawa Timur

Sementara itu, rombongan jemaah haji Kelompok Terbang (kloter) 1 hingga 4 asal Jawa Timur sudah tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Kabupaten Sidoarjo pada Sabtu-Minggu, 22-23 Juni 2024. Setelah mendarat dan pada prosesi penyambutan, mereka didoakan meraih predikat haji mabrur.

Jemaah haji Kloter 1 yang berjumlah 371 orang itu tiba di Bandara Juanda pada Sabu, 22 Juni 2024, malam sekitar pukul 20.15 WIB, lebih cepat 50 menit dari jadwal direncanakan. Mereka tiba setelah terbang dari Bandara King Abul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, pada Sabtu dini hari pada pukul 03.15 WAS.

Jemaah haji Kloter 1 setiba di Bandara Juanda Surabaya pada Sabtu, 22 Juni 2024, malam.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Dari Bandara Juanda, mereka kemudian dibawa ke Asrama Haji Surabaya (AHS) dengan menggunakan bus Damri dan sampai satu jam kemudian. Sesampai di AHS, rombongan disambut Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Pemprov Jatim dan Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, dan pejabat lainnya.

Setelah Kloter 1, satu jam kemudian rombongan jemaah haji Kloter 2 sebanyak 370 orang tiba di Bandara Juanda sekitar pukul 21.36 WIB. Kemudian menyusul jemaah haji Kloter 3 pada pukul 22.31 dengan total 371 orang. Lalu mendarat jemaah haji Kloter 4 sebanyak 371 orang pada Minggu, 23 Juni 2024, sekitar pukul 00.31 WIB.

“Kloter satu Insya Allah haji mabrur semua,” kata Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Pemprov Jatim, Jazuli.

Ia mengingatkan para jemaah untuk senantiasa menjaga kemabruran haji ketika kembali ke rumah masing-masing. Sebab, kata dia, bisa berangkat haji diperlukan pengorbanan yang luar biasa, khususnya biaya haji yang tinggi dan daftar antrenya yang sangat panjang.

“Tolong benar-benar dijaga kemabruran hajinya," ujar Jazuli.

Sementara itu, Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi, menerangkan, dari 371 jemaah haji kloter satu yang berangkat berhaji ada dua jemaah asal Kabupaten Bojonegoro yang wafat di Tanah Suci.   

Begitu tiba di asrama haji, lanjut Mufi, mereka melewati thermoscan untuk pemeriksaan suhu tubuh, dan dipersilahkan duduk sesuai dengan rombongan. Selanjutnya menunggu proses loading barang bawaan jemaah dan juga stamp paspor kedatangan oleh petugas imigrasi. Jika sudah selesai semua, jemaah akan menerima paspor dan air zamzam.

“Secara umum untuk proses pelayanan kepada jemaah haji, kami akan mempercepat proses tersebut, karena jemaah sudah lelah di perjalanan, sehingga proses di embarkasi akan kita percepat agar jemaah bisa segera pulang ke daerah masing-masing,” pungkas Mufi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya