Jemaah Haji Diminta Patuhi Jadwal Kepulangan, Laksanakan Tawaf Wada Sehari Sebelum Pulang

Fase kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air
Sumber :
  • Media Center Haji 2024

VIVA Nasional – Fase kepulangan jemaah haji Indonesia dari Tanah Suci menuju Tanah Air telah dimulai sejak 22 Juni 2024. Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Khalilurrahman mengimbau jemaah haji Indonesia untuk mematuhi jadwal kepulangannya.

Terpopuler: Boikot Atlet Israel di Olimpiade Paris 2024, Cristiano Ronaldo KW Naik Haji

"Kami mengimbau jemaah haji Indonesia untuk mematuhi jadwal kepulangannya. Jangan ada yang beribadah di Masjidil Haram mendekati jadwal kepulangan, karena bisa mengganggu waktu pergerakan," imbau Khalilurrahman di Makkah, Minggu 23 Juni 2024.

Bila sudah mengetahui jadwal keberangkatan dari Makkah menuju Jeddah atau Madinah, Khalil menyarankan agar jemaah melaksanakan tawaf wada sehari sebelumnya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

45 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di RS Arab Saudi, Update Informasi Melalui Layanan Ini

Fase kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air

Photo :
  • Media Center Haji 2024

"Jemaah harus sudah siap di pemondokan dua jam sebelum bus penjemputan tiba," lanjut pesannya, seperti dilansir laman resmi Kemenag.

Bikin Heboh, 'Cristiano Ronaldo' Naik Haji

Khalil mengatakan, sebelumnya ada jemaah haji yang masih melakukan tawaf wada jelang keberangkatan sehingga rombongannya harus menunggu dia kembali ke hotel.

Bus yang harusnya sudah berangkat jadi terlambat.

Selain ini, jemaah juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti paspor hingga visa. Bila ada dokumen yang hilang bisa melapor ke petugas kloter.

Fase kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air

Photo :
  • Media Center Haji 2024

"Konsultasi ke petugas kloter termasuk soal kesehatan ataupun dokumen supaya bisa dilaporkan oleh kloter ke sektor dan ke daker. Dokumen juga disiapkan dan menepati jadwal yang sudah disiapkan oleh panitia," katanya.

Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) SUB 01 mengawali fase pemulangan jemaah dan diterbangkan dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah. Kloter SUB 01 take off menuju Indonesia pada pukul 03.15 Waktu Arab Saudi.

Selain jemaah haji kloter 01 asal Embarkasi Surabaya, jemaah haji yang tergabung dalam kloter 2 Embarkasi Solo (SOC-02) dengan 360 jemaah serta lima petugas hari ini kembali ke Tanah Air.

Jemaah haji Indonesia gelombang Pertama sudah tiba di Makkah

Photo :
  • Media Center Haji 2024

Sejalan dengan kepulangan jemaah dari Tanah Suci, secara simultan 14 asrama haji di Tanah Air telah menyiapkan layanan kedatangan para tamu Allah tersebut.

Asrama haji juga menyiapkan bus untuk membawa jemaah dari bandara ke asrama haji, kendaraan truk untuk membawa koper bagasi jemaah haji, dan layanan ambulans dan minibus untuk membawa jemaah sakit, lansia, atau disabilitas.

Para jemaah pun terus diingatkan kembali agar mematuhi ketentuan GAC Airport Authority KSA untuk tidak membawa barang bawaan yang dilarang dalam penerbangan, seperti air zamzam ukuran apapun dan kemasan apapun, dilarang untuk dimasukkan ke dalam barang bawaan penumpang, baik tas jinjing atau koper bagasi, serta barang bawaan lain yang dilarang dibawa dalam penerbangan.

Laporan Tim Media Center Haji 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya