Tifatul Sembiring

Wartawan di Tengah Konflik Harus Ada Asuransi

Tifatul Sembiring
Sumber :
  • PKS

VIVAnews -- Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan industri media harus memperhatikan keselamatan wartawan.

Ucapan Tifatul ini menanggapi tewasnya wartawan lepas SUN TV Ridwan Salamun saat meliput konflik di Tual, Maluku, beberapa waktu lalu.

"Kalau misalnya mengutus orang ke tempat [konflik] seperti itu, memang beritanya ingin on time, tapi keselamatan para jurnalisnya juga harus diperhatikan," kata Tifatul sebelum Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, 23 Agustus 2010.

Menurut Tifatul, situasi konflik merupakan situasi yang rawan bagi keselamatan wartawan. Baik itu konflik antar warga seperti yang terjadi di Tual, maupun di medan perang.

Karena itu industri media harus memberikan juga jaminan asuransi kepada wartawan.

"Ke depan, untuk para industri media itu juga harus perhatikan keselamatannya dan juga jaminan asuransinya," ujar mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ini.

Selain itu, industri media juga harus memperhatikan kesejahteraan wartawan. Karena menurut Tifatul, saat ini banyak wartawan yang tingkat kesejahteraannya masih rendah.

"Sudah sekian puluh tahun mengabdi di media itu, ternyata kesejahteraan mereka sangat rendah. Itu perlu diperhatikan," ucap Tifatul.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024