Pemerintah Fokus pada Kualitas SDM, Menaker Resmikan Satpel Pelatihan Vokasi dan Produktivitas

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Satuan Pelayanan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Batam baru saja diresmikan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, di Kawasan Industri Kabil Nongsa Batam, Kepulauan Riau, Rabu (10/7/2024).

Kerja Sama Bidang Otomotif Antara Indonesia dan Korea, Wamenaker Ingatkan Aspek Pelindungan Pekerja

Dalam sambutannya, Ida Fauziyah menyampaikan bahwa pemerintah berfokus pada peningkatan dan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai bagian dari visi untuk menjadikan Indonesia yang maju, berdaulat, adil, dan makmur.

Rapat Koordinasi Atase Ketenagakerjaan, Wamenaker Dorong Optimalisasi Layanan PMI di Luar Negeri

Untuk mencapai tujuan tersebut, lanjut Menaker Ida, pihaknya telah mengimplementasikan Transformasi Balai Latihan Kerja (BLK) yang meliputi, Reformasi Kelembagaan, Redesain Pelatihan, Revitalisasi Fasilitas, Reorientasi Sumber Daya Manusia, Relationship dan Rebranding Balai Latihan Kerja.

"Transformasi BLK di Batam diharapkan mampu menjawab tantangan ketenagakerjaan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja di Provinsi Kepulauan Riau dan sekitarnya," ujar Ida Fauziyah.

Berikut Peserta Lolos UTBK Polteknaker 2024, Simak Selengkapnya

Menaker Ida menekankan akan pentingnya mengawal pembangunan dan operasional Satpel Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Batam oleh Pemerintah Daerah.

"Hal ini agar percepatan proses pengadaan SDM dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Kehadiran Satpel Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Batam, tutur Ida Fauziyah semoga dapat menjawab tantangan ketenagakerjaan di Batam maupun Kepulauan Riau.

"Untuk itu kerja sama dan sinergitas sangat diperlukan, kami menyediakan satpel ini, tentu akan sangat baik jika pemanfaatannya dapat disinergikan antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kota Batam," ucapnya.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Menaker Ida Imbau Pegawai Setjen Kemnaker Tinggalkan Budaya Senioritas Demi Wujudkan Good Government

Menaker Ida meminta seluruh pegawai melakukan kerja-kerja kolaboratif dalam meningkatkan kualitas birokrasi di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemnaker.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2024