Merak, Cikopo, Nagrek Simpul Macet Arus Mudik

Ratusan orang mudik dengan motor
Sumber :
  • ANTARA/Vega

VIVAnews - Departemen Perhubungan dan Kepolisian diminta untuk menertibkan wilayah yang menjadi simpul kemacetan, seperti di Pelabuhan Merak, Cikopo, dan Nangrek, pada musim mudik lebaran tahun ini.

Pelabuhan Merak, Cikopo, dan Nagrek dianggap sebagai simpul kemacetan terparah. Mulai H-3, tingkat kemacetan diketiga simpul tersebut diprediksi mencapai puncaknya.

"Merak diperkirakan mencapai 2 km, 9 km di wilayah Nagrek dan 5 km di Cikopo," ujar anggota Komisi V DPR RI, KH Abdul Hakim, Senin 30 Agustus 2010.

Kemacetan tiga wilayah ini juga diakui Departemen Perhubungan, kepolisian dan PU dalam rapat dengan DPR pekan lalu.

"Meski pengaturan lalu lintas dilakukan, tetap tidak bisa menghindari kemacetan," kata Hakim.

Kemacetan di Merak, terjadi akibat pengerjaan fly over yang belum tuntas yang berdampak pada menyempitan badan jalan. Sementara kemacetan lebih parah diprediksi terjadi di Nagrek. Akibat pembangunan simpang Nagrek yang belum tuntas pada arus mudik kali ini.

Daerah lain yang juga menjadi simpul kemacetan adalah Cikopo, Jomin, Lohbener, Losari dan Kanci. Di daerah ini, kemacetan juga diprediksi terjadi pada pada H-3 dan H-2 menjelang Lebaran Idul Fitri 1431H.

Untuk mewujudkan kelancaran dan ketertiban dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2010/ 1431 H, akan dilakukan pengaturan lalu lintas mulai pada tanggal 3 September  2010 (H-7) pukul 00.00 WIB sampai tanggal 18 Sept 2010 (H+7) pukul 24.00 WIB.

Pengaturan lalu lintas dilakukan bila terjadi kemacetan lalu lintas pada jalur utama di Pulau Jawa (Jalur Pantura dan Jalur Selatan), dengan pengalihan lalu lintas secara dinamis dan situasional terhadap kendaraan angkutan penumpang tidak umum dan angkutan barang ke jalur utama lainnya atau  jalur alternatif.

Pengalihan  melalui ruas jalan meliputi  Cileunyi – Sumedang – Kadipaten – Palimanan, Tegal – Slawi – Prupuk – Bumiayu – Ajibarang – Wangon, Semarang – Ungaran – Bawen – Secang – Magelang – Purworejo, Sadang – Subang – Cijelag – Kadipaten – Majalengka – Cikijing – Kuningan – Ciledug – Ketanggungan – Slawi.

"Khusus untuk pengalihan lalu lintas ke jalur alternatif, penambahan rambu lalu lintasnya harus ditambah, agar tidak membingungkan pemudik," ujar Hakim. (umi)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024