Cuaca Ekstrem

Puting Beliung Terjang Pandeglang

Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Purworejo
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Angin puting beliung menerjang Kabupaten Pandeglang, Banten. Sedikitnya 120 rumah di kabupaten ini rusak.

Peristiwa yang terjadi, Selasa 6 Oktober 2010 itu juga mengakibatkan pepohonan tumbang dan menimpa salah seorang warga bernama Arni warga Kampung Ciputih. Selain itu, warga lainnya, Surani, menderita luka akibat tertimpa genting yang berjatuhan.

Kepala Desa Kerta Mukti, Kecamatan Sumur Tb Ma’mun menceritakan sebelum terjadi angin puting beliung, wilayahnya sejak pagi dilanda hujan lebat yang disertai angin. "Menjelang siang tiupan angin semakin kencang terutama di Kampung Tanjungsari, Cihoe, Ciawi, dan Ciputih sehingga membuat penduduk panik dan berhamburan keluar rumah," ujar Ma'mun.

Hujan deras yang disertai angin kencang itu menyebabkan rumah warga di empat kampung tersebut mengalami kerusakan di bagian atap. Dari pendataan, delapan dari 120 rumah mengalami rusak berat karena hampir sebagian besar atapnya terbang terbawa angin.  "Tidak ada korban jiwa tapi di Kampung Ciputih."

Sementara Ketua Kelompok Sumber Daya Alam (KSPA) Kecamatan Sumur, Rohman menambahkan angin puting beliung juga terjadi di Desa Kertamukti. Selain rumah, pohon-pohon di wilayah ini pun tumbang. Camat Sumur Lili Ardabili mengaku belum mendapat laporan resmi dari aparat desa Kertamukti yang masih melakukan pendataan.

“Ya kabarnya ada angin puting beliung. Saya akan mengecek ke lapangan khawatir ada koran jiwa. Tapi menurut laporan Kades situasi sudah aman namun kami tetap mengharapkan warga tetap waspada karena cuaca sangat buruk,” kata dia.

Wilayah tersebut sudah dua kali diterjang angin puting beliung, sebelumnya angin kencang di sertai hujan deras terjadi Minggu 3 Oktober 2010.

(Laporan: Saputra | Pandeglang, umi)

Jangan Malas, Olahraga Bisa Jaga Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Risiko Kanker Lho!
Turnamen PBSI Sumedang Open 2024

Sukses Digelar, Turnamen PBSI Sumedang Open 2024 Diharap Lahirkan Atlet Terbaik

Turnamen Bulutangkis PBSI Sumedang Open 2024 sukses digelar di GOR Sampurna Sumedang, Indra Jayaatmaja, Ketua PBSI Sumedang berharap ajang ini lahirkan atlet terbaik.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024