Bantuan Wasior Terhambat Lumpur 3 Meter

Banjir bandang di Wasior, Papua
Sumber :
  • AP Photo/Abdul Muin

VIVAnews - Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah, Velix Wanggai mengatakan evakuasi korban banjir  Wasior, Papua terhambat oleh endapan lumpur akibat banjir. Selain itu, endapan lumpur itu juga menghalangi pendistribusian bantuan.

"Hambatan antara lain disebabkan ada endapan lumpur sekitar tiga meter," kata Velix di Jakarta, Sabtu 9 Oktober 2010.

Selain itu, kata dia, alat-alat berat juga sulit masuk ke lokasi banjir untuk melakukan pembersihan. Namun demikian, kata dia, bantuan untuk para korban diperkirakan akan segera sampai kepada para korban. "Bandara dan pelabuhan sudah bisa berfungsi, sehingga bantuan akan segera datang," kata dia.

Dia mengatakan, dalam penanganan bencana ini pemerintah daerah telah terlebih dahulu melakukan penanganan terhadap korban. Sehingga, dia membantah jika pemerintah lambat menangani bencana ini. "Pemerintah provinsi langsung turun sejak tanggal 3 dibantu TNI dan Polri," kata dia.

Mengenai rencana kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Wasior, Velix menjelaskan bahwa SBY akan berada di Wasior selama tiga hari. "Bapak Presiden akan mengunjungi lokasi bencana di Wasior, berangkat besok hingga hari Selasa," kata Velix.

Dalam kunjungan ini, kata Felix, SBY akan menyerahkan bantuan kepada korban banjir. Jumlah bantuan yang akan diserahkan SBY kepada para korban banjir sebesar Rp2 miliar.

Namun demikian, dia tidak menyebutkan darimana sumber dana bantuan yang akan diserahkan SBY itu, apakah uang pribadi atau dana dari pemerintah. "Kalau itu tanya Pak Julian (Juru Bicara Presiden), soalnya waktu mengeluarkan itu saya sedang berada di sana (Wasior)," kata dia.

Presiden, kata dia, akan melakukan evaluasi penyebab terjadinya bencana banjir tersebut. Selain itu, pemerintah juga berencana membangun perumahan baru untuk para korban. "Kita sedang memikirkan untuk membangun rumah untuk para korban di titik yang aman. Namun ini masih fikiran kita, nanti kita bicarakan lagi," kata Velix.

Banjir bandang terjadi di Wasoir, Papua. Hingga kini dilaporkan lebih dari 100 penduduk tewas, puluhan lainnya masih dinyatakan hilang, dan ribuan orang mengungsi. (umi)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024