Pedoman Pembangunan Kembali Wasior Versi SBY

Satu rumah berdiri tegak di antara puing-puing banjir di Wasior, Papua Barat
Sumber :
  • Antara/ Jhuda

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meninjau langsung lokasi banjir bandang di Wasior, Papua Barat. SBY juga meninjau lokasi yang paling parah diterjang banjir bandang.

Usai meninjau lokasi banjir bandang, Presiden Yudhoyono meminta kepada pihak terkait untuk melihat sejumlah fakta sebelum melakukan pembangunan kembali di Wasior.

"Ternyata daerah yang persis di daerah aliran sungai, banjir membawa batu-batuan besar dan pohon menerjang langsung. Dengan demikian, dalam pembangunan kembali diharapkan jangan membangun rumah yang persis di aliran sungai," kata Presiden Yudhoyono di Wasior, Papua, Kamis 14 Oktober 2010.

"Kita lihat yang tidak berada di daerah aliran sungai, relatif selamat dan kalau ada kerusakan kecil," tambahnya. "Ini agar dipedomani dalam pembangunan kembali tempat ini."

Selain itu, menurut Presiden Yudhoyono rakyat juga dapat menggunakan batu-batuan besar yang ada di lokasi, dapat digunakan. "Batu-batu ini juga bisa digunakan dalam pembangunan, sebagai bahan material," ujarnya.

Banjir bandang di Wasior ini menewaskan lebih dari 140 warga. Ratusan orang sampai saat ini juga masih belum diketahui keberadaannya. (umi)

TNI-Polri Evakuasi Jenazah Warga Korban Penembakan OPM di Papua
Joel Chima Fujita

Daftar Peraih Penghargaan di Piala Asia U-23 2024

Daftar peraih penghargaan di Piala Asia U-23 telah diumumkan usai final antara Jepang U-23 vs Uzbekistan U-23, Sabtu dini hari WIB 4 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024