Patrialis Janji Tindak Sipir Pembantu Teroris

Patrialis Akbar
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Polri menyatakan terpidana teroris, Toni Togar diduga mengatur aksi perampokan dan teror di Medan Sumatera Utara dari dalam penjara. Toni diduga sering meminjam telepon genggam penjaga penjara (sipir) untuk berkomunikasi dengan komplotannya di luar penjara.

Lantas, bagaimana tanggapan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Patrialis Akbar terkait hal tersebut? "Kalau memang ada seperti itu, itu keteledoran juga. Kesalahan malah dari staf kami," kata Patrialis usai serah terima jabatan kapolri di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu 27 Oktober 2010.

Patrialis mengaku belum melakukan pemeriksaan kepada sipir yang diduga meminjamkan telepon genggam kepada Toni Togar untuk berkomunikasi. Namun demikian, dia berjanji akan menindak oknum sipir yang
meminjamkan alat komunikasi tersebut. "Pasti kami akan melakukan tindakan terhadap mereka," kata dia.

Patrialis berjanji akan melakukan perbaikan sistem dalam penjara. Dia mengatakan tak akan ada toleransi bagi terdakwa terorisme. "Kami sudah ada kebijakan untuk memantau kalau ada masalah, ya tentu, bagi kami perlu waspada lagi," kata dia.

Berdasarkan catatan yang dimiliki kepolisian, rekam jejak Toni Togar dalam jaringan teroris tergolong nomor wahid. Toni tercatat pernah mengikuti pelatihan militer di akademi Al Jama'ah Al Islamiah di Afganistan pada tahun 1995. Toni juga terlibat peledakan bom di gereja-gereja di Pekan Baru pada malam Natal tahun 2000 di bawah koordinasi Hambali, tokoh senior Jamaah Al Islamiyah.

Tak hanya itu, berdasarkan catatan Kepolisian itu, BHD mengatakan Toni terus melancarkan berbagai aksi teror hingga 2003. Tahun 2003, Toni terlibat perampokan Bank Lippo di Medan dan merencanakan perampokan Bank Lippo sebelum peledakan Hotel JW Marriot. Selain itu, Toni juga terlibat pendanaan dan perekrutan pelaku bom JW Marriot 2003 bersama Noordin M Top dan Dr Azahari. (umi)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024