Gubernur Sulsel Siapkan Tiga Opsi Cegah Rusuh

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • Antara/ Adnan

VIVAnews - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo melakukan pertemuan dengan Forum Kerukunan Umat beragama (FKUB) se-Sulsel, Rabu malam, 9 Februari 2001.

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24

Pertemuan yang digelar di rumah jabatan gubernur itu membahas tentang sejumlah tindakan kekerasan yang terjadi di sejumlah daerah, seperti Temanggung dan Pandeglang.
 
Pertemuan ini dihadiri sekitar 30 orang dari seluruh perwakilan agama se-Sulsel. Seperti Abdurrahman K dari MUI Sulsel, Pastor Marselinus Lolo Tandung (Keuskupan Agung Makassar), Yongris (Walubi), Hans Hartono (Majelis Agama Konghucu), Zain Irwanto (PW Nahdatul Ulama Sulsel), Mustamin Arsyad (Muhammadiyah), serta perwakilan Departemen Agama Sulsel.

Pertemuan yang berlangsung hampir dua jam ini menghasilkan tiga rekomendasi yang disampaikan langsung Gubernur Sulsel. "Meminta semua agama untuk mengajarkan cinta kasih dan kedamaian serta tidak dibenarkan terjadinya tindakan anarkis dengan alasan apapun," ujar Syahrul usai pertemuan.

Pada poin kedua, pertemuan ini merekomendasikan para tokoh agama untuk melakukan langkah preventif serta memberikan pencerahan kepada umatnya masing-masing guna terciptanya kerukunan inter dan antarumat beragama.

Syahrul mencontohkan kegiatan yang harus dilakukan, seperti melakukan khutbah dan ceramah seragam selama satu bulan penuh di seluruh tempat ibadah. "Setiap minggunya kami juga akan menggelar diskusi strategis yang akan digelar di bagian Kesatuan Bangsa (Kesbang)," tambahnya.

Sedangkan pada poin terakhir, gubernur meminta aparat keamanan menindak tegas oknum yang melakukan tindakan provokasi, pengrusakan dan segala tindakan pelanggaran hukum lainnya yang berakibat terganggunya kerukunan dan ketertiban masyarakat.

Terkait dengan wilayah Sulsel, Syahrul meyakinkan bahwa kondisi keamanan masih kondusif. "Kita berharap suasana seperti ini masih terjaga dan tidak seperti daerah-daerah lain," ujarnya.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar

5 Pemain Timnas Indonesia, Dulu Populer Kini Terlupakan
Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024