Makna Pita Biru di Cikeusik Versi TPM

Cuplikan video penyerangan jemaah Ahmadiyah
Sumber :
  • dok. Ahmadiyah

VIVAnews - Dalam rekaman video yang beredar, massa penyerang Jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten, beberapa waktu lalu mengenakan tanda berupa pita berwarna biru.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Anggota Tim Pembela Muslim (TPM), Mahendradatta, mengungkapkan hasil temuannya di lapangan, pita biru itu diberikan oleh orang tak dikenal sesaat sebelum terjadinya aksi penyerangan terhadap anggota Ahmadiyah.

"Pita biru ini dibagikan mendadak sesaat sebelum terjadinya bentrokan," kata Mahendradatta ketika berbincang dengan VIVAnews.com, Minggu malam, 13 Februari 2011.

Dia mengatakan, pita itu dibagikan di depan Masjid Al-Hidayah, 100 meter dari rumah Suparman atau tempat penyerangan. Pita itu dibagikan oleh seseorang yang tidak dikenal oleh warga yang ikut dalam aksi massa itu. Orang itu, menurut dia, juga bukan warga dari Cikeusik dan sekitarnya. "Warga tidak mengenal siapa yang membagikan itu," ujar dia.

"Ketika ditanya warga untuk apa pita biru itu, orang yang membagikan tersebut mengatakan supaya tidak tertukar dengan orang Ahmadiyah," tuturnya.

Namun, dia melanjutkan, saat itu warga tidak begitu menghiraukan orang yang membagikan pita tersebut. Tanpa berpikir panjang, warga yang turut dalam aksi penyerangan itu justru turut mengenakan pita biru yang dibagikan. "Ada warga yang ikut mengenakan pita biru itu," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Ridha Saleh, mengatakan ada dugaan warna dan letak pita menunjukkan peran dari masing-masing personel. "Kalau diletakkan di dada perannya lain, di lengan perannya lain lagi," kata Ridha melalui sambungan telepon.

Menurut dia, ada dugaan orang yang mengenakan pita di dada adalah koordinator lapangan dari aksi penyerangan awal bulan lalu. "Ini masih dugaan," ujarnya. Sementara itu, yang mengenakan pita di lengan berperan sebagai pasukan.

Ridha menambahkan, dugaan lain, mereka yang mengenakan pita merupakan pasukan inti dari penyerangan tersebut. "Kan tidak semua pakai pita," kata dia. (art)

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024