TPF MUI Himpun Bukti-bukti Tragedi Cikeusik

Cuplikan video penyerangan jemaah Ahmadiyah
Sumber :
  • dok. Ahmadiyah

VIVAnews - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan telah membentuk Tim Pencari Fakta untuk menyelidiki kasus kekerasan atas jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten. Tim masih mengumpulkan keterangan dan bukti-bukti lapangan.

"Belum selesai (investigasi TPF). Mereka masih melengkapi laporan," kata Ketua MUI Amidhan dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Selasa 15 Februari 2011. Amidhan berharap hasil TPF ini bisa memberikan masukan kepada kepolisian dalam mengusut kasus Cikeusik.

"Jangan sampai kepolisian itu seperti dikejar-kejar target dalam mengusut kasus ini. Hal ini membuat umat di sana ketakutan. Mereka kan bukan teroris," kata dia. Meski demikian, MUI tidak ingin mengintervensi proses hukum yang dilakukan kepolisian.

TPF, sambungnya, sudah meminta keterangan kepada warga sekitar dan mendapat informasi yang diharapkan bisa memberikan masukan yang berimbang kepada kepolisian. "Kalau ulama yang bertanya, umat kan lebih terbuka," tambahnya.

Dia berharap laporan TPF ini segera rampung agar bisa diserahkan kepada Mabes Polri. "Kami tidak memberikan target, tapi yang pasti harus segera," kata dia.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Dalam insiden penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah, tiga orang tewas sementara lima lainnya terluka parah. Delapan tersangka sudah ditetapkan dalam kasus ini.

Selain itu, sejumlah petinggi kepolisian Banten dicopot dari jabatannya sebagai buntut dari kasus ini, termasuk Kapolda Banten. (umi)

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Gibran membantah pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menyebutkan Presiden Jokowi dan dirinya sudah masuk ke Golkar

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024