2 WNI Hilang di Pusat Gempa Jepang

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/NHK TV

VIVAnews - Sejumlah warga negara Indonesia di prefektur (setingkat provinsi) Iwate belum diketahui kondisinya. Hingga kini baru dua orang yang kondisinya belum diketahui.

"Dua orang itu yang kami ketahui dari laporan yang kami terima. Mungkin masih banyak yang belum dilaporkan," kata Bayu Dwi Apri Nugroho, contact person KBRI di Iwate, dalam komunikasi via chatting dengan VIVAnews.com, Senin 14 Maret 2011.

Menurut pria yang juga mahasiswa S3 Ilmu Pertanian, Universitas Iwate ini, jumlah warga Indonesia di Iwate ada 140 orang. Sebagian besar, meski belum diketahui jumlah pastinya, bermukim di Ofunato, wilayah pesisir.

"Sebagian besar warga Indonesia di Ofunato itu bekerja di penangkapan ikan," kata pria lulusan Teknologi Pertanian UGM angkatan 1997 ini. Sebagian besar warga Indonesia di wilayah ini bekerja dan menikah dengan warga setempat.

Sejak berkeluarga dengan warga setempat, komunikasi dan kontak dengan warga Indonesia lainnya menjadi terputus. Hal itu, kata Bayu, yang menjadi salah satu permasalahan identifikasi jumlah dan kondisi warga Indonesia di Iwate.

Ofunato merupakan salah satu daerah di Iwate yang tersapu bersih tsunami akibat gempa 9 skala richter Jumat 11 Maret lalu. Kendati demikian, Bayu berharap warga Indonesia di Ofunato dalam kondisi selamat. Hingga kini akses menuju Iwate dari berbagai titik terputus.

Gempa dan tsunami setidaknya meluluhlantakkan tiga prefektur yakni Iwate, Miyagi, dan Fukushima. Lokasi reaktor nuklir yang pagi ini kembali meledak berada di Fukushima.

Internet dan sambungan telepon di Iwate sempat mati pada Jumat, atau saat kejadian. Tetapi kembali hidup mulai Sabtu 12 Maret hingga saat ini.

"Daerah yang terkena bencana didahulukan. Sekarang daerah Tokyo, listriknya digilir, dimatikan," ujar Bayu yang juga Ketua Departemen Pemuda, Olahraga, dan Kesenian Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI Jepang) ini.

Ini data dua WNI yang hilang di Ofunato:
1. Yeni Haryani menikah dan tinggal dengan warga setempat atas nama Hashimoto Minami.
2. Hartatik Sugawara, menikah dengan warga setempat dan punya tiga anak.

Acara Met Gala Berlangsung, Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Penuhi Jalanan New York
Pianis Muda Indonesia, Jonathan Kuo

Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

Peningkatan kemampuan Jonathan Kuo juga tidak luput dari pengakuan mentornya, Iswargia R Sudarno, yang melihat potensi besar sebagai seorang pianis solois.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024