Listrik Sebagian Bali Padam

Listrik Padam di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews- Gangguan listrik terjadi di Bali selama 2 jam 19 menit. Gangguan ini disebabkan faktor alam yang sampai saat ini masih belum diketahui penyebabnya.

General Manager PLN Distribusi Bali Dadan Koerniadipoera meragukan penyebab gangguan listrik itu karena faktor human error atau kesalahan manusia. Hal itu dikarenakan PLN tidak melakukan kegiatan. "Tapi kami berpikir itu faktor alam dan hingga saat ini kami belum dapat menjelaskan inti permasalahannya," ujarnya di kantor PLN Distribusi Bali, Renon, Denpasar, Selasa 15 Maret 2011.

Namun dari hasil penyelidikan, Dadan mengatakan gangguan kelistrikan diperkirakan terjadi pada transmisi 150 KvA antara gardu induk di Padangsambikan ke Pesanggaran, Denpasar. "Penyebabnya masih kami cari. Tapi pukul 14.41 Wita aliran listrik sudah kembali normal," ujarnya.

Gangguan kelistrikan yang terjadi pada pukul 11.22 hingga 13.41 WITA siang tadi terjadi di delapan garduk induk dari 15 gardu induk yang ada di Bali sehingga mengakibatkan pemadaman di lima daerah yakni Denpasar, Badung, Gianyar, Klungkung dan Karangasem.

Selama ini pasokan listrik di Bali sebesar 620 megawatt  (MW) yang diperoleh dari kabel bawah laut sebesar 200 MW, dari PLTG Gilimanuk sebesar 130 MW, PLTG Pemaron sebesar 135 MW dan PLTG Pesanggaran sebesar 155 MW.

Dadan mengakui, saat terjadi gangguan kelistrikan selama 2 jam pihaknya kehilangan daya sebesar 155 MW.  "Untuk itu, kami meminta maaf atas ketidaknyaman ini kepada seluruh masyarakat Bali," imbuhnya.

Sebabkan Kebakaran

Pemadaman itu menyebabkan Kantor BRI Unit Sempidi Bandung Bali mengalami kebakaran. Kebakaran disebabkan karena genset yang dinyalakan menyambar tumpukan kertas.

Meski tak ada korban jiwa, namun kejadian itu menimbulkan kepanikan karyawan para nasabah, serta membakar berkas-berkas penting nasabah.

Peristiwa bermula saat beberapa wilayah di Bali mengalami gangguan
kelistrikan. Kemudian salah seorang karyawan bank tengah menghidupkan mesin genset yang berada di lantai III. Ketika genset menyala, tiba-tiba langsung menyambar tumpukan kertas yang berada di dekatnya.

Komandan Regu III B Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Badung I Komang Guna Arta mengatakan, pemadam datang ke lokasi 10 menit saat kejadian. "Kami mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran. Dalam waktu setengah jam kami bisa menjinakkan api sehingga tidak sampai menjalar ke mana-mana," katanya. Laporan : Peni Widarti | Bali (adi)

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan
Keluarga Parto

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Eko Patrio juga bersyukur penyakit batu ginjal yang diderita oleh Parto belum menjalar ke mana-mana atau membahayakan organ lainnya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024