Polri Bantah Jenderal Jadi Korban Malinda

Inong Melinda alias Malinda Dee usai diperiksa polisi
Sumber :
  • Antara/ Kholis

VIVAnews - Markas Besar Kepolisian RI membantah pemberitaan yang menyebutkan bahwa salah satu perwira tinggi polisi menjadi korban penipuan Malinda Dee, Senior Relationship Manager Citibank yang kini menjadi tersangka penggelapan dan pencucian uang.

"Sudah dicek tidak ada," kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Anton Bahrul Alam, di Mabes Polri, Selasa, 5 April 2011.

Beredar kabar bahwa penipuan Malinda terbongkar dari laporan seorang nasabah kepada pimpinan Citibank bahwa simpanannya yang berjumlah miliaran rupiah di Citigold telah dijebol. Nasabah itu disebut-sebut adalah seorang pensiunan jenderal polisi.

Menurut Anton, sejauh ini hanya ada tiga nasabah yang melapor. Dari mereka, Malinda diduga telah menggondol Rp17 miliar. Sekali beroperasi, dia menggelapkan Rp1-2 miliar dari masing-masing rekening. Modusnya, dana nasabah dipindahkan antar perusahaan, yang bermuara ke perusahaan pribadi milik Malinda. Polisi meyakini, masih ada nasabah lain yang belum melapor.

Malinda tak sendirian melakukan aksinya. Polisi telah menetapkan seorang teller Citibak berinisial D sebagai tersangka. Namun, ia tak ditahan. Sebab, D mengaku hanya menerima perintah atasan dan tak menikmati hasilnya.

Atas perbuatannya itu, Malinda dijerat dengan UU No. 8 Tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang. Dia diduga secara sengaja mengaburkan transaksi dan melakukan pencatatan tidak benar pada beberapa slip transfer penarikan dana pada rekening nasabahnya. Polisi juga sudah menyita empat mobil mewah milik Malinda. (kd)

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?
VIVA Militer: Tentara Israel di wilayah Khan Younis, Gaza, Palestina

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Para pejabat tinggi Israel dan Mesir mengadakan pertemuan rahasia di Kairo, pada Rabu, 24 April 2024, yang bertujuan membahas rencana Tel Aviv untuk menginvasi kota Rafah

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024