Ditanya Kematian Octa, Bos Citibank Gelagapan

Citi Country Officer untuk Indonesia Shariq Mukhtar
Sumber :
  • Daylife

VIVAnews - Citi Country Officer untuk Indonesia Shariq Mukhtar mengatakan tidak ada kamera intai (CCTV) dalam ruangan tempat introgasi nasabahnya, Irzen Octa. Dia mengaku tak tahu menahu apa yang dilakukan penagih utang alias debt collector terhadap Octa.

"CCTV itu berada di luar ruangan. Tapi kita bisa melihat Bapak Octa masuk ke dalam ruangan dan keluar ruangan," kata Shariq dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat, di Jakarta, Selasa malam, 5 April 2011.

Sebelumnya, Shariq mengatakan telah memiliki rekaman CCTV yang bisa mengungkap kasus kematian Irzen Octa. Tapi, jawaban Shariq itu menjadi dipertanyakan. "Kenapa CCTV berada di luar? Jadi Anda tidak mau apa yang terjadi di dalam itu diketahui orang lain?" tanya anggota Komisi XI dari Partai Demokrasi Indonesia - Perjuangan (PDIP), Maruarar Sirait.

Terkait pertanyaan itu, Shariq yang tak fasih berbahasa Indonesia gelagapan. Dia tidak bisa menjawab. Jadi tidak melihat apa yang terjadi di dalam ruangan? "Ya," jawab Shariq.

Shariq juga menambahkan tidak ada laporan tertulis terkait percakapan antara debt collector Citibank dengan Irzen Octa di dalam ruang interogasi tersebut. "Tidak. Kami tidak memiliki catatan," kata dia.

Shariq juga mengakui saat diinterogasi, Irzen tidak ditemani siapapun. Dalam ruangan itu, hanya terdapat debt collector dan Irzen Octa saja. Jadi, Citibank tidak memberikan perlindungan kepada Irzen? "Apa yang kita miliki adalah kode etik," kata dia.

Shariq pun tak bisa menjelaskan kematian Irzen. "Kami tahu saat itu almarhum telah meninggal, itu telah kita ketahui bersama," katanya. "Apa yang kami tahu adalah hasil investigasi kami dan interview kepada sejumlah pegawai kami."

Apakah Octa meninggal di kantor Anda? "Kami tidak mengetahui di mana nasabah meninggal. Ada teman Pak Octa memegang, masih ada nadinya," kata dia.

Sementara itu, Direktur Ekonomi Khusus Mabes Polri, Brigjen Pol Arief Sulistyo yang juga hadir dalam rapat dengar pendapat itu menjelaskan berdasarkan hasil autopsi, Octa mengalami pecah pembuluh darah di bagian kepala. "Hasil visum terjadi pecah pembuluh darah otak di belakang selaput otak. Besok akan disampaikan," kata dia. (umi)

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti
The All-New Citroen C3 Aircross

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Pabrikan asal Prancis, Citroen baru saja meluncurkan The All New C3 Aircross untuk pasar Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024