Warga Korban Bentrokan TNI Temui Fraksi PDIP

Korban bentrokan aparat TNI AD dengan warga desa Setrojenar, Kebumen
Sumber :
  • Antara/ Idhad Zakaria

VIVAnews - Sejumlah perwakilan warga desa Sentrojenar, Bulus Pesantren, Kebumen, Jawa Tengah, menemui Fraksi PDI Perjuangan di Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa, 19 April 2011. Mereka mengadukan nasibnya setelah menjadi korban bentrokan dengan beberapa personel Tentara Nasional Indonesia, Sabtu lalu.

Adapun beberapa anggota Fraksi PDI Perjuangan yang menemui warga Kebumen itu antara lain Eva Kusuma Sundari, Ikhsan Sulistyo, Muhammad Nurdin, dan Helmy Fauzi. Sedangkan warga Kebumen yang menjadi korban bentrokan dengan TNI ditemani perwakilan dari KontraS, Chris Biantoro.

Pertemuan yang dilakukan di ruang rapat Fraksi PDI Perjuangan, di lantai lima, Gedung Nusantara I ini, mendengarkan aduan warga akan situasi dan permasalahan yang terjadi di Kebumen. Masalah utama adalah pada sengketa tanah antara warga dengan TNI.

Warsono, salah seorang warga, mengatakan bahwa tanah yang disengketakan oleh TNI adalah tanah ulayat (tanah adat). Tanah itu sudah dikelola oleh warga sejak puluhan tahun, jauh sebelum TNI dibentuk.

"Sejak 1938 tanah sudah digarap warga. Kalau memang TNI mengatakan sebelum kemerdekaan sudah digunakan TNI, apa TNI sudah lahir?" tanya Warsono.

Warsono menyesalkan kejadian penembakan yang dilakukan oknum TNI kepada warga. "Seharusnya tentara berjuang bersama rakyat," ucapnya.

Peristiwa ini sendiri bermula ketika warga desa Sentrojenar memblokir jalan masuk kampung mereka, karena menolak desa mereka digunakan tempat latihan oleh TNI. Tapi tentara kemudian berusaha membuka blokir jalan, bahkan dengan kekerasan. Oknum tentara bahkan melepaskan tembakan, yang menyebabkan sejumlah warga menderita luka tembak.

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono pun menyesalkan bentrokan yang terjadi di Kebumen. Panglima berharap masalah sengketa dapat diselesaikan secara demokratis dan sesuai koridor hukum.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024