Ba'asyir Tolak Hadirkan Saksi Meringankan

Abu Bakar Ba'asyir
Sumber :
  • AP Photo/ Tatan Syuflana

VIVAnews - Terdakwa kasus dugaan teroris yang juga pimpinan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT), Abu Bakar Ba'asyir, enggan menghadirkan saksi dari pihaknya. Bila tidak jadi menghadirkan saksi yang meringankan, persidangan akan mengganti agenda sidang menjadi pemeriksaan Ba'asyir.

"Ustad sepertinya tidak menghadirkan saksi meringankan. Nanti terserah majelis hakim, apakah harus menghadirkan saksi meringankan atau tidak," kata Direktur Jamaah Ansharut Tauhid Media Center, Sonhadi, di gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 25 April 2011.

Menurut Sonhadi, rencananya agenda sidang hari ini adalah mendengarkan keterangan saksi yang meringankan pihak Ba'asyir. Tapi, Ba'asyir disebutkan tidak berkenan menghadirkan saksi yang meringankan untuk dirinya.

Ba'asyir didakwa terlibat dalam jaringan terorisme di Indonesia. Dia diduga berperan sebagai donatur pelatihan militer di Aceh. Kejaksaan menuntut Ba"asyir pasal berlapis Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme, Ba'asyir terancam hukuman mati.

Sonhadi sendiri tidak tahu apa alasan Ba'asyir yang enggan menghadirkan saksi meringankan. Bila saksi tidak jadi dihadirkan, agenda sidang akan diubah menjadi pemeriksaan terdakwa. "Akan ada pemeriksaan Ustad," kata Sonhadi.

Ba'asyir juga dituduh merencanakan dan menggerakkan orang lain untuk melakukan aksi teror, serta telah menggunakan senjata api, amunisi, atau bahan peledak secara ilegal. Menurut jaksa, semua itu dilakukan Ba'asyir sejak Februari 2009 hingga Maret 2010. (umi)

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang
Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024