Ba'asyir: M Syarif Bukan Pengawal Saya

Wajah pelaku bom bunuh diri di masjid Mapolresta Cirebon
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Terdakwa kasus dugaan teroris yang juga pimpinan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) Abu Bakar Ba'asyir membantah pelaku bom bunuh diri di Masjid Az Dzikra Markas Polresta Cirebon, Muchamad Syarif, adalah pengawalnya. Ba'asyir sekali lagi menegaskan tidak mengenal M Syarif.

"Tidak benar itu. Pengawal saya ya cuma yang ada di Jakarta," kata Ba'asyir sebelum mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 25 April 2011.

Ba'asyir mengakui ada pihak yang menyebut M Syarif itu mengenal dirinya. Ba'asyir menjelaskan, dirinya kerap berdakwa di beberapa daerah. Jadi, memang banyak orang yang mengenal dirinya.

M Syarif disebut-sebut menjadi pengawal Ba'asyir saat berdakwah dan tabligh akbar di Cirebon. "Banyak orang yang kenal sama saya. Saya kan dakwah, banyak juga yang datang waktu saya dakwah. Tapi saya tidak kenal semua," ujar Ba'asyir.

Nama Syarif memang baru dalam gerakan teroris di Indonesia. Polisi mengakui Syarif adalah pemain baru. Tetapi, di dunia kriminal Cirebon, nama Syarif tidak asing.

Syarif yang juga berdarah keraton Cirebon ini masuk daftar pencarian orang (DPO) atau buron kasus perusakan salah satu Alfamart di Cirebon. Syarif juga turut dalam penyerangan masjid Ahmadiyah di Kuningan. Terakhir, nama Syarif terseret kasus dugaan pembunuhan anggota TNI.

Jasad Syarif akhirnya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Pondok Rangon, Jakarta Timur, karena mendapat penolakan warga Cirebon. (adi)

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi
Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, merasa sangat khawatir tentang demonstrasi atau protes yang mendukung Palestina yang merebak di kampus-kampus Amerika Serikat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024