VIDEO: Panji Gumilang: Saya Abu Maarik

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Negara Islam Indonesia yang kini menjadi sorotan, diduga memiliki rekening di Bank Century. Kabarnya, rekening miliaran rupiah itu tertulis atas nama Abu Maarik.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 5 Miliar pada Kuartal I-2024, Intip Sumer Cuannya

Imam Supriyanto, mantan Menteri NII, meyakini bahwa Abu Maarik itu tak lain adalah Panji Gumilang, pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, yang sering dikaitkan dengan NII.

Saat dikonfirmasi, Panji Gumilang menjelaskan Abu Maarik merupakan nama kecilnya. Nama itu digunakan pada masa kolonial, saat orangtuanya aktif membantu perjuangan kemerdekaan. 

Film ‘Guru Tugas’ Tuai Kecaman di Madura, Polda Jatim Tangkap 3 Orang Konten Kreator

Ayah Panji Gumilang saat itu merupakan kepala desa. "Setiap ada serangan-serangan, yang atur jalan di antaranya orangtua saya. Belanda itu kenalnya, nama Muqorib. Saya (yang bernama) Abu Maarik lari," kata Panji Gumilang kepada VIVAnews.com, beberapa hari lalu.

Kemudian, dalam pelarian, dia bertemu Kiai Mustaghfirin. Lalu dia diberi bambu runcing dan diberi nama Panji Gumilang.

BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

Apa benar Panji Gumilang menggunakan nama Abu Maarik untuk menabung miliaran rupiah di Bank Century? "Umpamanya saya punya uang sebanyak itu, apa perlu kondo-kondo (dibicarakan)," kata Panji alias Abu Maarik. Namun Panji mengaku kenal dengan pemilik Bank CIC itu.

Berikut, merupakan wawancara Panji Gumilang dengan wartawan VIVAnews.com Suryanta Bakti dan kamerawan Ahmad Rizaluddin, di Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, Selasa, 3 Mei 2011. (adi)

Syekh Dr. Mohammed bin Abdulkarim Al-Issa (Doc: Alarabiya)

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Pemimpin agama paling senior di Arab Saudi, turut menyerukan dialog guna membendung gelombang Islamofobia yang meningkat di seluruh dunia.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024