Menag: Al Zaytun Tak Terkait dengan NII

Kompleks Pondok Pesantren Al Zaytun
Sumber :

VIVAnews - Menteri Agama Suryadharma Ali mengunjungi Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat. Menag mengaku sulit mengaitkan pondok pesantren itu dengan paham radikal dan keras, termasuk gerakan Negara Islam Indonesia (NII).

"Karena pendidikan di sini mengaitkan realitas kehidupan, di mana ada proses ekonomi yang terjadi. Mulai dari produksi, pengolahan, hingga penjualan," jelas Suryadharma di sela kunjungannya ke Pondok Pesantren Al Zaytun, Rabu 11 Mei 2011.

Hasil penelitian Kementerian Agama, kata dia, "Tidak ada kaitan Al Zaytun dengan NII. Jadi, ini bukan berarti membantah."

Dia lantas membandingkan gerakan Islam garis keras yang biasanya ditandai dengan sifat sangat tertutup dan tradisional. Selain itu, sambungnya, gerakan radikal juga tidak toleran pada pandangan lain. "Sementara di sini (Al Zyatun), sangat modern."

Dalam kesempatan itu, Menag juga mengaku tidak terlalu risau dengan struktur presiden dan menteri NII yang disebut-sebut mantan petinggi NII. Sebab, hal yang sama pun kerap ditemui dalam kehidupan berpolitik. "Di partai politik pun ada shadow cabinet (kabinet bayangan)," kata dia.

Jika dianalogikan, imbuh Suryadharma, ketua umum partai politik itu sama dengan presiden sementara ketua dewan pimpinan pusat (DPP) itu sebagai menteri. (umi)

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini
Ilustrasi Apple iPhone.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

South Korea has banned its soldiers from using iPhones in military buildings due to increasing concerns about possible leaks of sensitive information through voice record

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024