Din: SBY Mangkir dalam Pemberantasan Korupsi

Presiden Yudhoyono dan Din Syamsuddin
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dianggap telah mangkir dalam upaya pemberantasan korupsi seperti yang diamanatkan dalam reformasi nasional.

Penilaian itu disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsudin dalam acara penutupan Tanwir XXIV Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, di Serang, Banten, Jumat 27 Mei 2011.

"Presiden hanya bisa ngomong, berhenti pada pernyataan, tapi tidak berlanjut pada kenyataan. Ini yang saya sebut mangkir, karena membiarkan tindakan korupsi," kata Din.

Tidak hanya dinilai mangkir, SBY juga dianggap telah melakukan kemungkaran. Menurut Din, kata mangkir berhubungan dengan kata mungkar, maka yang melakukan kemangkiran atau orang mangkir adalah orang yang berbuat mungkar.

"Di situlah berlaku nahi mungkar, di samping amar ma’ruf," jelasnya.

Din Syamsudin juga menilai SBY terkesan membiarkan dugaan korupsi yang terjadi di lingkungan pemerintahan, terutama di beberapa kementerian, seperti di Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, dan dugaan korupsi yang mencuat akhir-akhir ini di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Dia menegaskan, seharusnya dugaan-dugaan itu jangan dibiarkan, dan hanya diserahkan pada Komisi Pemberantasan Korupsi saja. Tapi, Presiden harus mengambil langkah-langkah. Dia juga berharap pemerintah efektif dan bekerja secara serius dalam pemberantasan korupsi.

"Tapi kenyataannya, pemerintah sekarang tidak hadir dalam upaya pemberantasan korupsi," jelas Din.

Menyikapi kondisi tersebut, Din Syamsudin mengatakan perlu ada gerakan koalisi masyarakat madani atau gerakan civil society untuk mendesakkan pemberantasan korupsi.

Dia juga prihatin dengan keterpurukan bangsa yang sering ditutup-tutupi pemerintah dengan intervensi asing dalam kehidupan ekonomi di bidang strategis.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Menurut dia, Muhammadiyah merasakan langsung dampak keterpurukan bangsa ini, akibat ekonomi yang tidak berpihak pada rakyat seperti sekarang ini. "Pemerintah jangan menutup mata dan menutup telinga terhadap kritik-kritik rakyat," katanya. (art)

Laporan: Saputra| Serang

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Shin Tae-yong jadi sosok pelatih yang dicintai masyarakat Indonesia karena sukses membawa Timnas U-23 menorehkan sejarah. Ternyata, dirinya juga mahir dalam berkendara.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024