Batal Terbang, Ini Penjelasan Garuda

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews- Pesawat Garuda GA 504 tujuan Jakarta-Pontianak batal terbang akibat penumpangnya panik. Kepanikan itu dipicu pengakuan salah satu penumpang yang melihat percikan api dari mesin pesawat.

Bagaimana Kronologi Menurut Garuda?

Sekretaris Perusahaan Garuda Indonesia Pujobroto menjelaskan sebelum pesawat dihidupkan, ditarik terlebih dahulu. Pada saat mesin pesawat dihidupkan (starter), mesin pesawat tidak menyala. Pilot Kapten Purwo Triamoko memutuskan untuk melakukan kembali pengecekan. Mesin lalu kembali dihidupkan dan tidak menyala, ada bahan bakar keluar di saluran pipa mesin.

"Ada kelebihan bahan bakar, sebenarnya kalau didiamkan akan menguap. Itu yang menyebabkan terjadi percikan api" ujar dia ketika dihubungi VIVAnews di Jakarta, Selasa 7 Juni 2011.

Menurutnya percikan api itu tidak berbahaya. Namun penumpang yang melihat terlanjur panik dan meminta membuka pintu emergency. Penumpang lalu keluar melalui pintu darurat. Karena pintu darurat terbuka, maka harus dilakukan perbaikan.

Penumpang lalu dievakuasi dan ditempatkan di lounge bandara. Garuda memutuskan mengalihkan penumpang dengan pesawat pengganti Boeing 737-300 pukul 17.50 WIB. Saat ini penumpang tengah menunggu pemindahan barang-barang bagasi dari pesawat lama ke pesaat pengganti. Sebagai informasi, pesawat itu mengangkut 102 penumpang. (eh)

Kenang Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar: Alhamdulillah Kita Bisa Selamat
Tiga Pelajar perempuan di Blitar Terekam Mabuk di Tengah Sawah

Tiga Pelajar di Blitar Terekam Mabuk di Tengah Sawah, Diduga Konsumsi Arak Jawa Campur Soda

Tiga pelajar perempuan di Blitar terekam mabuk di tengah sawah konsumsi Arak JawaCampur soda dan salah satu dari mereka bahkan tergeletak di tengah jalan persawahan

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024